3 Perkara Ini Jika Dimiliki Seseorang, Ia Merasakan Manisnya Iman

loading...
3 Perkara Ini Jika Dimiliki Seseorang, Ia Merasakan Manisnya Iman
Dai yang juga Founder Daarut Tauhiid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Foto/Ist
Nikmatnya ibadah, nikmatnya shaum (puasa), nikmatnya shalat, nikmatnya zikir, hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang senang untuk dekat kepada Allah Ta'ala. Semakin cinta kepada Allah, maka semakin mampu menikmati segala apapun yang Allah sukai.

Demikian nasihat indah Founder Daarut Tauhiid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam bukunya "Cintai Allah Sepenuh Hati". Aa Gym menukil salah satu hadis Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Ada tiga perkara yang jika itu semua terdapat pada diri seseorang, maka dia akan merasakan manisnya iman. Yaitu, Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai dari selain keduanya, dia mencintai seseorang yang dia mencintainya hanya karena Allah, dan dia benci kembali kepada kekafiran setelah diselamatkan Allah darinya, sebagaimana dia benci jika dicampakkan ke dalam api neraka." (HR Al-Bukhari, Muslim).

(Baca Juga: Aa Gym: Luangkanlah Waktu Menyendiri untuk Allah)

"Saudaraku, kita harus senantiasa memeriksa ke dalam diri kita dengan pertanyaan, siapa sebenarnya yang paling kita cintai? Karena sesungguhnya cinta tersebut akan menguasai hati dan pikiran. Ketika kita mencintai sesuatu, maka biasanya rasa cinta pada sesuatu tersebut akan mendominasi hati dan pikiran kita," kata Aa Gym.



(Baca Juga: Inilah Orang-orang yang Merasakan Manisnya Iman)

Aa Gym berpesan agar kita selalu memeriksa (mengevaluasi) diri, siapa yang mendominasi hati dan pikiran kita. Siapa yang selalu kita ingat. Siapa yang selalu kita dambakan ada di dekat kita. Siapa dan apa yang membuat kita rela berkorban untuknya dan membuat kita takut jika mengecewakannya. Apakah pimpinan kerja, rekan bisnis, keluarga kita?

Semoga kita menjadi hamba Allah yang semakin yakin pada-Nya. Semoga Allah melimpahi kita kekuatan sehingga kita senantiasa senang untuk terus-menerus dekat kepada-Nya. Semoga kita dapat mencintai Allah Ta'ala sepenuh hati. Aamiin.



(Baca Juga: Aa Gym: Seandainya Semua Kaya, Apa yang Akan Terjadi?)

Sumber:
Buku Cintai Allah Sepenuh Hati karya Aa Gym
(rhs)
cover top ayah
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖ يَحۡفَظُوۡنَهٗ مِنۡ اَمۡرِ اللّٰهِ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ‌ؕ وَاِذَاۤ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوۡمٍ سُوۡۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ‌ۚ وَمَا لَهُمۡ مِّنۡ دُوۡنِهٖ مِنۡ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra’d:11)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video