Canda Ala Sufi: Sapi yang Mengetahui Kesalahannya

loading...
Canda Ala Sufi: Sapi yang Mengetahui Kesalahannya
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
TATKALA Nashruddin sedang duduk santai di kebunnya, tiba-tiba dia dikejutkan oleh seekor sapi yang masuk ke tempat itu, sehingga merusak segala tanaman yang ada di sana. Lantaran marah, dia mengambil tongkat dan kemudian mengejarnya. Namun, sapi itu lari dari hadapannya. (Baca juga: Canda Ala Sufi: Manisan dan Pukulan )

Seminggu kemudian, Nashruddin melihat sapi itu sedang menarik gerobak salah seorang petani. Tanpa pikir panjang, Nashruddin menghampiri sapi itu dan memukulinya dengan sebatang tongkat yang dibawanya. Tentu saja, sang petani terheran-heran melihat tindakan Nashruddin terhadap sapi itu. Dia tidak habis pikir.

Karena itu, dia bertanya kepada Nashruddin, "Hai, mengapa engkau memukuli sapiku? Apa kesalahannya?"

Nashruddin pun menjawab, "Hai bodoh, jangan turut campur urusan yang tak kau ketahui! Sapi ini tahu apa kesalahannya..." (Baca juga: Canda Ala Sufi: Aku Sendiri Sedang Memikirkan Itu )



Dinukil dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra dan diterjemahkan oleh Muhdor Assegaf dengan judul " Canda Ala Sufi Nashruddin "
(mhy)
cover top ayah
وَ ذَا النُّوۡنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنۡ لَّنۡ نَّـقۡدِرَ عَلَيۡهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنۡ لَّاۤ اِلٰهَ اِلَّاۤ اَنۡتَ سُبۡحٰنَكَ ‌ۖ اِنِّىۡ كُنۡتُ مِنَ الظّٰلِمِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim."

(QS. Al-Anbiya:87)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video