Canda Ala Sufi: Minta Ongkos untuk Sepuluh Hari

Senin, 14 Desember 2020 - 07:38 WIB
loading...
Canda Ala Sufi: Minta Ongkos untuk Sepuluh Hari
Nashruddin Hoja. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
SUATU hari, Nashruddin menyewa seorang kuli untuk membawa barangnya. Di tengah jalan, kuli itu lari dan membawakan kabur barang Nashruddin. Dia lalu mencarinya, namun tidak mendapatkannya. ( )

Sepuluh hari kemudian, Nashruddin mendapatkannya. Saat itu, Nashruddin sedang bersama beberapa orang temannya. Mereka berkata pada Nashruddin, "Ini dia kuli panggul yang sedang kau cari."

Nashruddin pun gembira, namun dia berusaha menjauh dari kuli itu dan tidak berkata sepatah kata pun. (Baca juga: Canda Ala Sufi: Andai Aku Hidup, Kuperlihatkan Pada Kalian )

Melihat sikap Nashruddin yang aneh itu, teman-teman Nashruddin berkata, "Hai Nashruddin, mengapa engkau tidak menangkapnya? Bukankah engkau telah letih mencarinya?"

Nashruddin menjawab, "Bagaimana aku tidak menghindar darinya? Bukankah aku sudah menyewanya sepuluh hari yang lalu, kemudian dia menghilang? Jika aku menangkapnya, aku takut kalau-kalau dia berkata padaku, 'Berikan upah harianku selama sepuluh hari, karena aku selalu membawakan barangmu.' Lalu, apa yang harus kuperbuat?" ( )

==

Dinukil dari karya Nashruddin dengan judul asli Nawadhir Juha al-Kubra dan diterjemahkan oleh Muhdor Assegaf dengan judul " Canda Ala Sufi Nashruddin "
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)