Ketika Musibah Datang sebagai Peringatan

Senin, 14 Desember 2020 - 06:35 WIB
loading...
A A A
(Baca juga : Barcelona Bekuk Levante Berkat Gol Telat Messi )

Allah Ta'ala berfirman,

وَمِنَ النَّاسِ مَنۡ يَّقُوۡلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ فَاِذَاۤ اُوۡذِىَ فِى اللّٰهِ جَعَلَ فِتۡنَةَ النَّاسِ كَعَذَابِ اللّٰهِؕ وَلَٮِٕنۡ جَآءَ نَـصۡرٌ مِّنۡ رَّبِّكَ لَيَـقُوۡلُنَّ اِنَّا كُنَّا مَعَكُمۡ‌ؕ اَوَلَـيۡسَ اللّٰهُ بِاَعۡلَمَ بِمَا فِىۡ صُدُوۡرِ الۡعٰلَمِيۡنَ

“Dan di antara manusia ada orang yang berkata: ‘Kami beriman kepada Allah,’ maka apabila ia disakiti (karena ia beriman) kepada Allah, ia menganggap fitnah manusia itu sebagai azab Allah. Dan sungguh jika datang pertolongan dari Tuhanmu, mereka pasti akan berkata: ‘Sesungguhnya kami adalah besertamu.’ Bukankah Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam dada semua manusia?” (QS. al-Ankabut [29]: 10).

Orang yang lemah imannya, akan mudah sekali mencari ‘kambing hitam’ dari musibah yang menimpanya. Sibuk menyalahkan ini itu ketimbang mencari kesalahan di dalam dirinya. Orang yang lemah imannya juga mudah sekali berburuk sangka kepada Allah SWT. Mendapat musibah sedikit saja, ia begitu mudah menganggap bahwa Allah tidak menyayanginya. Padahal musibah adalah salah satu cara Allah mengingatkan dirinya bahwa ada Allah Yang Mahadekat.

(Baca juga : Pendukung Habib Rizieq Datangi Mapolres Ciamis, Ini Kata Kapolda Jabar )

Sungguh Allah sangat menyayangi orang-orang yang mengakui-Nya sebagai Rabb dan menyembah-Nya. Karena demikianlah memang tujuan dari penciptaan kita, yaitu untuk beribadah kepada Allah. Oleh karena itu, jika ada di antara hamba-hamba-Nya yang masih lemah imannya, maka Allah akan berikan peringatan dengan banyak cara sebagai petunjuk.

Dan, tidaklah semata-mata Allah turunkan musibah kepada kita melainkan ada maksud yang agung di dalamnya. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda, “Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” (HR. Tirmidzi).

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2798 seconds (0.1#10.140)