Tuhan Paling Populer: Orang Amerika Ada yang Bilang Dolar yang Maha Kuasa

Selasa, 26 Januari 2021 - 13:19 WIB
loading...
Tuhan Paling Populer: Orang Amerika Ada yang Bilang Dolar yang Maha Kuasa
Ilustrasi/foto/morningstar
A A A
TUHAN lain atau " tuhan tandingan ", yang paling populer di zaman modern ini ialah duit. Soalnya, duit termasuk "ilah" yang paling berkuasa di dunia ini. Di kalangan orang Amerika terkenal istilah "The Almighty Dollar" (Dollar yang maha kuasa).

"Hampir semua yang ada di dalam hidup ini dapat diperoleh dengan duit, bahkan dalam banyak hal harga diri manusia pun bisa dibeli dengan duit," tulis Muhammad 'Imaduddin 'Abdulrahim dalam buku Kuliah Tauhid yang diterbitkan oleh Pustaka-Perpustakaan Salman ITB (1980).



Cobalah lihat sekitar kita sekarang ini, katanya, hampir semuanya ada "harga''-nya, jadi bisa "dibeli" dengan duit. Manusia tidak malu lagi melakukan apa saja demi untuk mendapat duit, pada hal malu itu salah satu bahagian terpenting dari iman. Betapa banyak orang yang sampai hati menggadaikan negeri dan bangsanya sendiri demi mendapat duit. "Memanglah 'tuhan' yang berbentuk duit ini sangat banyak menentukan jalan kehidupan manusia di zaman modern ini," tambahnya.

Pada mulanya manusia menciptakan duit hanyalah sebagai alat tukar untuk memudahkan serta mempercepat terjadinya perniagaan. Maka duit bisa ditukarkan dengan barang-barang atau jasa dalam berbagai bentuk. Oleh karena itu, duit juga disebut sebagai "harta cair" (liquid commodity). Kemudian, fungsi duit sebagai alat tukar ini menjadi demikian efektifnya, sehingga di zaman ini, terutama di negeri-negeri yang berlandaskan materialisme dan kapitalisme, duit juga dipakai sebagai alat ukur bagi status seseorang di dalam masyarakat.

Kekuasaan, pengaruh, bahkan nilai pribadi seseorang diukur dengan jumlah kekayaan (asset)-nya.

Prestasi pribadi seseorang pun telah diukur dengan umur semuda berapa ia menjadi jutawan. Semakin muda seseorang mendapat duit sejumlah sejuta dollar dianggap semakin tinggi nilai pribadinya.

Dia mencontohkan di Amerika Serikat. Kehidupan dan gaya hidup orang-orang yang banyak duit di USA sengaja ditonjolkan melalui program yang periodik di TV. (Bersambung)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)