Kisah Tragis Santri Penghafal Kitab Tuhfatul Muhtaj Jadi Penjual Arang

Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:03 WIB
loading...
Kisah Tragis Santri Penghafal Kitab Tuhfatul Muhtaj Jadi Penjual Arang
Kisah santri cerdas yang akhirnya jadi penjual arang ini layak kita jadikan hikmah dan pelajaran berharga. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Kisah ini didapat dari Syekh Muhammad bin Ali Ba'atiyah dari gurunya Al-Habib Abdullah bin Shodiq Al-Habsyi. Beliau dapat dari gurunya benama Al-Habib Abdullah bin Umar As-Syatiri sekaligus tokoh yang dimaksud dalam cerita ini.

Kisah ini mengajarkan kita tentang pentingnya adab dan akhlak terutama bagi penuntut ilmu. Kisah tragis seorang santri di Tarim ini layak kita jadikan hikmah. Sepintar dan sehebat apapun hafalannya tidak akan berkah jika tak punya adab kepada gurunya. Seperti kalam para ulama "Dahulukan akhlak sebelum ilmu. Dengan ahlaklah kamu bisa memahami ilmu."



Dikisahkan, di Tarim Yaman terdapat sebuah pesantren bernama Rubath Tarim. Pesantren ini sangat masyhur dan telah melahirkan puluhan ribu ulama dan dai yang tersebar di seluruh dunia. Di sana para santri diajarkan berbagai macam ilmu, khususnya spesifikasi ilmu fiqh sebagai keunggulannya.

Di pesantren itu pula ada seorang santri sebut saja namanya "Fulan". Si Fulan ini adalah santri yang sudah menetap 13 tahun bersama Habib Abdullah bin Umar As-Syatiri. Ia sangat cerdas, hafalannya kuat, tangkas dan rajin hingga dikatakan bahwa ia menjadi santri yang sudah mencapai derajat Mufti saking pintarnya. ia juga hafal semua masalah fiqhiyah yang terdapat dalam Kitab "Tuhtatul Muhtaj", sebuah kitab yang tebalnya 10 jilid cetakan Darud Diyak atau 4 jilid cetakan darul Kutub Ilmiyah.

Kesehariannya di pesantren, si Fulan ini disukai oleh teman-temannya sebab ia dibutuhkan oleh rekannya untuk menjelaskan pelajaran yang belum dipahami serta mengajar kitab-kitab lainnya. 13 tahun menjadi santri Rubath Tarim tentu saja hampir dipastikan kapasitasnya ia termasuk ulama besar. Namanya pun tersohor hingga keluar pesantren bahwa ia termasuk calon ulama besar yang akan muncul berikutnya.

Hingga akhirnya setan mengelabui si Fulan, iapun merasa orang yang paling alim. Bahkan ia merasa kualitas dirinya sejajar dengan kealiman guru besarnya. Tidak cukup sampai di situ, kesombongan itu berlanjut hingga ia berani memanggil gurunya dengan namanya saja: "Ya Abdullah". Dimata para ahli ilmu panggilan ini merupakan tindakan yang sangat tercela dan kesombongan yang nyata.

قال سيدي الشيخ محمد بن علي باعطية الدوعني:
من نادى شيخه باسمه لم يمت حتى يذوق الفقر المعنوي من العلم

"Barang siapa yang memangil gurunya dengan sebutan namanya langsung (tidak mengagungkannya ketika memanggil) maka dia tak akan meninggal kecuali sudah merasakan hidup yang faqir baik dalam ilmu maupun material."

Melihat kesombongan si Fulan, Al-Habib Abdullah As-Syatiri sabar dan memilih diam saja. Syekh Muhammad bin Ali Ba’atiyah mengatakan; "Diamnya seorang guru saat muridnya tidak sopan pada gurunya tetap akan mendapatkan azab dari Allah".

Keluar Tanpa Izin Gurunya
Kesombongan itupun berlanjut, si Fulan pada suatu hari akan keluar dari Rubath Tarim untuk menuju Kota Mukalla untuk berdakwah. Ia pun keluar dari pesantren begitu saja tanpa izin kepada Al-Habib Abdullah As-Syatiri, hingga pada saat “Madras Ribath” sebutan untuk pengajian rutinan di Rubath Tarim, Habib Abdullah menanyakan perihal keberadaan si Fulan yang biasanya duduk di depan namun tidak kelihatan.

"Kemanakah si Fulan?" Sebagian murid yang mengetahui menjawab "Si Fulan sedang berdakwah ke Kota Mukalla." Habib berkata, "Apakah dia izin kepadaku?" Sontak murid yang lain diam saja. Dan Habib Abdullah kemudian berkata "Baiklah, kalau begitu biarkan si Fulan pergi akan tetapi ilmunya tetap di sini."

Di Kota Mukalla Yaman, para ahli ilmu dan para pecinta Habib Abdullah Syatiri yang mendengar bahwa si Fulan santri senior Rubath Tarim akan mengisi ceramah di Masjid Baumar Mukalla, merekapun berbondong-bondong datang, mereka pun mempersilakan si Fulan untuk memberikan ceramahnya.

Si Fulan naik ke mimbar dan memulai isi ceramahnya, ia memulai dengan basmalah, hamdalah, hkepada Nabi, amma ba'du. Kemudian ia membaca sebuah ayat:

وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون(٥٦) وما أريد منهم من رزق وما أريد أن يطعمون (٥٧) إن الله هو الرزاق ذو القوت المتين (٥٨) سورة الذاريات

Ketika ingin menjelaskan ayat ini, si Fulan tiba-tiba terdiam seperti kayu yang berdiri tegak dan kebingungan. Ia tak mampu berbicara menjelaskan ayat tersebut. Hingga dia duduk lima menit dan hanya terdiam di hadapan jamaah. Hingga akhirnya dia duduk menangis karena semua ilmu yang pernah ia hafal hilang seketika.

Bahkan kitab kecil Safinatun Najah tak hafal satu kalimat pun apa lagi kitab Tuhfah yang awalnya telah dihafal. Ketika di Ribat bagaikan unta yang sangat bagus mahal hargaya karena mempunyai keistimewaan dan kelebihan sendiri.

Jamaah yang melihatnya kaget melihat hal itu. Salah satu ahli ilmu di Kota Mukalla yaitu Habib Abdullah Sodiq Al Habsyi yang pernah mondok mencari di Ribat Tarim selama 9 tahun mengerti bahwa pasti ada sesuatu yang tidak beres dari si Fulan.

Kemudian datanglah kabar bahwasanya si Fulan telah isa'atul adab (berbuat kurang baik terhadab gurunya). Ia pun bertanya pada si Fulan, setelah mendengar penjelasannya, si ahli ilmu menasehati agar ia (si Fulan) minta maaf pada sang maha guru.

Memang sudah dikuasai oleh setan, iapun enggan untuk tawadhu’ dan minta maaf pada sang guru. Hidupnya pun bertambah tragis, ilmunya sudah hilang dan tanpa ada keluarga yang mau menerimanya tanpa teman yang peduli pada nasibnya. Hingga akhirnya ia hidup dalam keadaan sangat miskin di pinggiran Kota Mukalla dan sehari-hari menjadi penjual Arang di toko area pasar.

Akhir hayatnya ia hidup dalam keadaan miskin bahkan untukkain kafan pun ia tak punya dan diberi sedekah oleh ahlul khair yang dermawan. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Dan salah satu yang merawat jenazahnya dan memberi sumbangan kain kafan dan pengurusan jenazah beliau Habib Abdullah Sodiq Al-Habsyi.

Betapa berharganya adab kepada guru dan sifat tawadhu. Mudah-mudahan Allah menjaga kita dari sifat-sifat tercela.

Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki berkata :

أغضب من الطالب الذی لا یحترم أستاذه ولوکان الأستاذ صاحبه

"Aku murka terhadap penuntut (ilmu) yang tidak menghormati ustaznya, meskipun ustaz tersebut adalah temannya sendiri."

Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad berkata:

وأضر شیئ علی المرید تغیر قلب الشیخ علیه، ولو اجتمع علی إصلاحه بعد ذلك مشایخ المشرق والمغرب لم یستطیعه إلا أن یرضي عنه شیخه

"Yang paling berbahaya bagi seorang murid adalah berubahnya hati guru kepada muridnya (dari yang semula ridho menjadi murka). Andai saja semua guru dari timur dan barat berkumpul untuk memperbaiki keadaan si murid itu, maka mereka tidak akan mampu kecuali gurunya tersebut telah ridho kepadanya".

Demikian kisah tragis ini semoga dapat menjadi iktibar bagi kita. Semoga kita semua menjadi orang yang berbakti kepada kepada guru-guru kita. Aamiin.


Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)