Menghidupkan Jumat dengan Tilawah Al-Kahfi, Raih Keutamaannya

loading...
Menghidupkan Jumat dengan Tilawah Al-Kahfi, Raih Keutamaannya
Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan pada Hari Jumat selain memperbanyak sholawat yaitu tilawah Al-Kahfi. Foto/Ist
Jumat dikenal sebagai hari istimewa bertabur berkah dan ampunan. Allah Ta'ala juga mengabulkan doa siapa saja yang memohon pada-Nya pada hari tersebut. Salah satu sunnah yang masyhur pada Hari Jumat adalah tilawah (membaca dan memahami) Surah Al-Kahfi.

Membaca Surah Al-Kahfi hukumnya sunnah baik secara umum atau pada malam/hari Jumat. Berikut keutamaan Surah Al-Kahfi seperti dijelaskan Ustaz Farid Nu'man Hasan yang menukil beberapa hadis-hadis shahih berikut:

مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ آخِرِ الْكَهْفِ، عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ

"Siapa yang membaca 10 ayat akhir Surah Al-Kahfi, maka dia terlindung dari fitnah Dajjal." (HR Ahmad No 27516. Syekh Syuaib Al-Arnauth mengatakan: Shahih. Lihat Ta'liq Musnad Ahmad, jilid. 45, hal 509)



ن حَفِظَ عَشْرَ آياتٍ مِن أوَّلِ سُورَةِ الكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

"Siapa yang hapal 10 ayat awal Surat Al-Kahfi maka dia terlindung dari Dajjal." (HR. Muslim No 809)

من قرأ ثلاث آيات من أول سورة الكهف، عصم من فتنة الدجال

"Siapa yang baca 3 ayat awal Surat Al-Kahfi maka dia terlindung dari fitnah Dajjal." (HR At-Tirmidzi, No 2886, hasan shahih)

Baca Juga: Fadhillah Surah Al-Kahfi, Diterangi Cahaya Hingga Dilindungi dari Dajjal
halaman ke-1
cover top ayah
اَيۡنَ مَا تَكُوۡنُوۡا يُدۡرِكْكُّمُ الۡمَوۡتُ وَلَوۡ كُنۡتُمۡ فِىۡ بُرُوۡجٍ مُّشَيَّدَةٍ‌ ؕ وَاِنۡ تُصِبۡهُمۡ حَسَنَةٌ يَّقُوۡلُوۡا هٰذِهٖ مِنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ‌ ۚ وَاِنۡ تُصِبۡهُمۡ سَيِّئَةٌ يَّقُوۡلُوۡا هٰذِهٖ مِنۡ عِنۡدِكَ‌ ؕ قُلۡ كُلٌّ مِّنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ‌ ؕ فَمَالِ ھٰٓؤُلَۤاءِ الۡقَوۡمِ لَا يَكَادُوۡنَ يَفۡقَهُوۡنَ حَدِيۡثًا
Di manapun kamu berada, kematian akan menjemputmu meskipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, “Ini dari sisi Allah,” dan jika mereka ditimpa suatu keburukan, mereka mengatakan, “Ini dari engkau (Muhammad).” Katakanlah, “Semuanya datang dari Allah.” Maka mengapa orang-orang munafik hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?”

(QS. An-Nisa:78)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!