Begini Doa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur

loading...
Begini Doa Memohon Perlindungan kepada Allah dari Fitnah dan Azab Kubur
Ilustrasi/Ist
KARENA fitnah dan azab kubur termasuk keadaan yang berat dan menakutkan, maka Rasulullah SAW memohon perlindungan dari hal itu dalam salat dan di luar salat. Selain itu beliau juga menganjurkan para sahabat untuk memohon perlindungan dari hal itu.

Baca juga: Begini Ngerinya Azab Kubur Bagi Orang yang Dusta, Zina, dan Riba

Dalam hadis Aisyah disebutkan bahwa seorang wanita Yahudi berkata kepadanya, “Semoga Allah melindungimu dari azab kubur .” Ia bertanya kepada Nabi mengenai azab kubur. Beliau menjawab, “Ya, azab kubur (itu ada). Lalu Aisyah berkata, “Aku tidak melihat Rasulullah SAW setelah salat kecuali beliau memohon perlindungan dari azab kubur.” Ghandur menambahkan, “Azab kubur itu benar.”

Dari Anas diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ



“Ya Allah, aku sungguh berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, sifat penakut, bakhil, dan pikun. Aku berlindung kepada-Mu dari azab kubur. Aku juga berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan fitnah kematian.” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Dari Aisyah diceritakan bahwa Rasulullah SAW berdoa:

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sifat malas, kepikunan perbuatan dosa, dan utang, serta dari fitnah dan azab kubur.” (Syekh Nashir menyebutkan dalam Shahih al-Jami, 1, h. 407, bahwa hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, Tirmidzi, al-Nasa'i, dan Ibn Majah)

Baca juga: Ini Hal-hal yang Dapat Menyelamatkan dari Azab dan Fitnah Kubur

Rasulullah SAW bersabda kepada para sahabat, “Berlindunglah kalian kepada Allah dari azab kubur.” Mereka lalu berdoa, “Kami memohon perlindungan kepada Allah dari azab kubur.”

Beliau SAW juga bersabda kepada para sahabat, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari azab kubur, karena sesungguhnya azab kubur itu benar ada.” (Diriwayatkan oleh Muslim, bab “Surga”, subbab “Penampakan Tempat Tinggal Si Mati: Surga atau Neraka”, IV, h. 2199)

Beliau SAW juga memerintahkan mereka untuk memohon perlindungan dari empat hal. Beliau bersabda, “Mohonlah perlindungan kepada Allah dari azab kubur. Mohonlah perlindungan kepada Allah dari neraka Jahanam. Mohonlah perlindungan kepada Allah dari fitnah al-Masih Dajal. Mohonlah perlindungan kepada Allah dari fitnah kehidupan dan kematian.” ('Syekh Nashir mengatakan dalam Shahih al-Jami I, h. 320, bahwa hadis ini diriwayatkan oleh Turmizi dan an-Nasa'i)

Baca juga: Ditahan di Dalam Kubur Gara-gara Masih Punya Utang Ketika Hidup

Beliau SAW juga memerintahkan mereka untuk memohon perlindungan dari azab kubur dalam salat setelah tasyahud. Dari Abu Hurairah diceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian selesai membaca tasyahud, maka hendaklah memohon perlindungan kepada Allah dari empat hal:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

“Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari siksaan kubur, siksa neraka Jahanam, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Almasih Dajjal.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari Ibn Abbas diceritakan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan doa berikut ini kepada para sahabat seperti mengajarkan sebuah surat Al-Qur'an:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahanam, azab kubur, kejahatan fitnah al-Masih Dajal, serta fitnah kehidupan dan kematian.”

Baca juga: Begini Ngerinya Azab Kubur Bagi Orang yang Dusta, Zina, dan Riba
(mhy)
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ نَسُوا اللّٰهَ فَاَنۡسٰٮهُمۡ اَنۡفُسَهُمۡ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. Mereka itulah orang-orang fasik.

(QS. Al-Hasyr:19)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!