Anjuran Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat

Kamis, 25 Maret 2021 - 22:23 WIB
loading...
Anjuran Sholat Sunnah Setelah Sholat Jumat
Rasulullah SAW menganjurkan agar umatnya mendirikan sholat sunnah setelah sholat Jumat. Foto/Ist
A A A
Sholat Jumat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Dalam satu riwayat, siapa yang meninggalkan sholat Jumat dengan meremehkannya selama tiga kali berturut, maka hatinya ditutup sehingga menyebabkan terhalangnya hidayah dan rahmat Allah.

Perintah Sholat Jumat ini tercantum dalam Al-Qur'an, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

"Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Jumu'ah: Ayat 9)

Di ayat berikutnya, Allah berfirman: "Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (Al-Jumu'ah: Ayat 10)



Bagi yang sudah menunaikan sholat Jumat dianjurkan untuk tidak langsung berkativitas. Rasulullah صلى الله عليه وسلم menganjurkan agar umatnya mendirikan sholat sunnah setelah sholat Jumat.

Berikut haditsnya:

من كان مصليا بعد الجمعة فليصل أربعا

"Barang siapa yang sholat setelah sholat Jum'at, maka sholatlah empat rakaat." (HR Muslim No. 881)

Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata:

فكان لا يصلي بعد الجمعة حتى ينصرف فيصلي ركعتين في بيته

"Beliau (Rasulullah) tidaklah sholat setelah sholat Jumat sampai beliau selesai dan shalat dua rakaat di rumahnya." (HR Muslim No. 882)

Ada yang memahami dua rakaat di masjid, lalu dua rakaat lagi di rumah. Imam Abu Daud menyebutkan dari Ibnu Yunus, dia berkata:

فَقَالَ لِى أَبِى يَا بُنَىَّ فَإِنْ صَلَّيْتَ فِى الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَتَيْتَ الْمَنْزِلَ أَوِ الْبَيْتَ فَصَلِّ رَكْعَتَيْنِ

"Ayahku berkata kepadaku, 'Wahai anakku, jika kamu shalatnya di masjid maka dua rakaat, lalu kamu pula ke rumah shalatlah dua rakaat." (Sunan Abu Daud No. 1133)

Ada yang memaknai dua rakaat lalu empat rakaat. Hal ini disebutkan oleh Imam At-Tirmidzi:

روي عن علي بن أبي طالب [ رضي الله عنه ] أنه أمر أن يصلى بعد الجمعة ركعتين ثم أربعا

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu, bahwa beliau memerintahkan sholat setelah sholat Jumat sebanyak dua rakaat, kemudian empat rakaat. (Sunan At-Tirmidzi No. 523)

'Atha rahimahullah berkata: "Aku melihat Ibnu Umar sholat setelah sholat Jumat sebanyak dua rakaat, lalu sholat setelah itu empat rakaat." (Ibid)

Ada yang memaknai empat rakaat jika sholat bakdiyahnya di masjid, dan dua rakaat jika sholat bakdiyahnya di rumah. Berkata Ishaq bin Rahuya rahimahullah:

إن صلى في المسجد يوم الجمعة صلى أربعا وإن صلى في بيته صلى ركعتين

"Jika sholatnya di masjid, maka empat rakaat. Jika sholatnya di rumahnya shalatnya dua rakaat." (Ibid)

Ada pula yang mengatakan tidak ada bedanya jumlah rakaat antara di rumah dan di masjid. Boleh-boleh saja di masjid dua rakaat, dan di rumah lebih utama, sebagaimana dalil umum bahwa sholat paling utama adalah di rumah kecuali sholat fardhu (wajib).

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2072 seconds (0.1#10.140)