Orang-orang yang Mendapat Syafa'at di Hari Kiamat

loading...
Orang-orang yang Mendapat Syafaat di Hari Kiamat
Kesulitan pada Hari Kiamat tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang memperoleh syafaat. Foto/Ist
Pada Hari Kiamat, kesukaran dan kerisauan manusia sangat dahsyat sehingga mereka sibuk mencari para Nabi untuk meminta syafa'at (pertolongan). Beruntunglah mereka yang menjadi umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم karena akan mendapat syafa'at dari beliau atas izin Allah Ta'ala.

Baca Juga: Subhanallah! 2 Amalan Ini Akan Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Berikut enam golongan orang-orang yang mendapat syafa'at di Hari Kiamat sebagaimana disebutkan Ustaz Najmi Umar Bakkar dalam satu kajiannya. Adapun mereka yang mendapat syafaat adalah orang-orang ketika di dunia mengerjakan kebajikan.

1.Orang yang Mengucap La ilaha Illallah dengan Ikhlas
Nabi صلى الله عليه وسلم pernah ditanya: "Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafa'atmu pada hari Kiamat ?" Nabi menjawab :



أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ

"Yang paling berbahagia dengan syafa'atku nanti pada hari Kiamat adalah orang yang mengucapkan 'Laa ilaahaa illallaah' dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya." (HR. Al-Bukhari No. 99, hadits dari Abu Hurairah)

2. Sering Membaca Al-Qur'an

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

"Bacalah Al-Qur'an, karena ia akan datang pada hari Kiamat nanti memberi syafa'at bagi yang membaca dan mengamalkannya." (HR. Muslim No. 804, hadits dari Abu Umamah)
halaman ke-1
cover top ayah
وَاَنَّهٗ هُوَ اَضۡحَكَ وَاَبۡكٰىۙ
Sesungguhnya Allah-lah yang menjadikan orang bisa tertawa dan menangis. 

(QS. An-Najm:43)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!