Renungan: Ramadhan Semoga Saja Tanpa Luka Amarah

Minggu, 11 April 2021 - 19:40 WIB
loading...
Renungan: Ramadhan Semoga Saja Tanpa Luka Amarah
Ilustrasi/Ist
A A A
Marah . Langsung saja terbayang tentang mata melotot, wajah merah, otot-otot leher metongol, mulut casciscus nggak karuan. Suara menghardik, membentak, lalu brak, meja digebrak diikuti suara kasar; "bodoh kamu...!"



Jelas, itu bayangan tentang bos kalian di kantor yang sedang marah-marah. Bila sudah demikian, kecerdasannya ditaruh di laci, otak warasnya tertutup emosi, kebijaksanaannya hilang entah ke mana pergi. Setan masuk melalui pori-porinya yang terbuka, lalu mengipasi agar ia menarik seluruh darahnya ke ubun-ubun.

Orang marah dapat ditemui di mana-mana. Di jalan, seorang pengendara mobil marah, mencaci maki, karena jalannya dipotong angkutan kota yang memang terkenal dengan sopir ugal-ugalan.

Belum menginjakkan kaki di halaman rumah, terdengar tetangga ribut. Di rumah, seorang suami marah-marah kepada istri dan anak-anak karena tak dapat menahan emosi saat bos marah-marah di kantor. Rumah yang harusnya menjadi surga telah disulap sebagai tempat pelampiasan amarah.

Dunia telah menjadi rumah sakit besar dengan pasien gangguan emosi. Stres telah menganggu otak kita. Kata-kata sabar, hanya menjadi nasihat klasik untuk sesaat didengar, kemudian dilupakan.



Muhammad Al-Baqir berkata: "Sesungguhnya, kemarahan adalah api yang dinyalakan setan dalam hati manusia. Ketika salah seseorang dari kamu marah, matanya menjadi merah, urat lehernya menjadi bengkak dan setan masuk dengan leluasa. Barang siapa di antara kamu khawatir tentang dirinya sendiri karena itu, ia harus berbaring sebentar sehingga kotoran setan dapat dihapus dari dia pada waktu itu.. "

Orang yang sedang marah itu seluruh organ tubuhnya merespon dengan cepat. Hormon adrenalin dan hormon-hormon lainnya menyalakan bahan bakar sehingga membuat seluruh organ tubuh seperti hati, pembuluh darah, perut, otak dan kelenjar-kelenjar dalam tubuh langsung bereaksi.

Nah, bila marah terus dipelihara maka kematian akan cepat menyongsong. Begitu setidaknya hasil sejumlah penelitian. Lewat marah bukan cara menaikkan wibawa dan martabat kita, melainkan sebaliknya justru membuat kita tercela. Imam Ja'far Ash-Shadiq memberi nasihat; "Hindarilah amarah, karena hal itu akan menyebabkan kamu tercela."

Amarah memang menimbulkan luka yang sulit tersembuhkan. Konon dahulu kala, di sebuah daerah, ada seorang anak yang memiliki emosi yang buruk. Dia sangat pemarah. Sang ayah bingung mendapati anaknya yang sering marah itu. Lalu ia memberinya sebuah palu dan sekantong paku. Kepada sang anak dia mengatakan, "jika setiap kali kau marah tancapkan paku ini di pagar."

Pada hari pertama anak itu menancapkan 37 paku ke pagar. Pada hari berikutnya juga tak jauh dari angka itu. Selama beberapa minggu, jumlah paku yang ditancapkan berkurang. Anak ini menemukannya cara lebih mudah menahan amarahnya ketimbang memaku pagar.

Akhirnya hari itu datang. Ketika anak ini merasa sudah tidak marah lagi dan mengatakan kepada ayahnya. Selanjutnya sang ayah meminta ia mencabut satu per satu paku dari pagar setiap harinya, untuk membuktikan ia telah mampu menahan emosinya. Hari berlalu dan anak itu akhirnya memberitahu ayahnya bahwa semua paku sudah dicabut.



Sang ayah mencek laporan sang anak. Sembari membimbing anaknya menuju pagar dia berkata, "Kamu telah melakukan dengan baik, anakku, tapi lihatlah lubang-lubang bekas paku di pagar itu."

Pagar itu tidak akan pernah sama. Ketika kamu marah kepada seseorang, maka akan meninggalkan bekas luka seperti pagar itu. Kamu dapat menodongkan pisau pada seseorang, lalu membatalkannya. Tidak peduli berapa kali kamu mengatakan menyesal, lukanya masih ada dan terus membekas.

Pada Ramadhan ini kali, semoga saja tak ada acara marah-marah segala. Bukankah puasa sebagai bulan pengendalian diri?

Puasa mengandung pesan agar kita menghindari perilaku yang tidak sehat, termasuk perilaku yang didorong oleh emosi. Marah dapat mengurangi nilai ibadah puasa, begitu kajian ilmu fikih. Rasulullah menyatakan jika orang yang berpuasa dimaki atau dilecehkan harkat martabatnya, maka hendaknya ia mengataan "aku puasa".
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)