Kumpulan Artikel: Berkah Ramadhan

  • Ini Reaksi Will Smith Setelah Khatamkan Al Quran, Memberi Banyak Pelajaran Baru
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Maret 2024 - 14:31 WIB
    Aktor Will Smith baru-baru ini sempat membuat pernyataan menarik tentang dirinya yang telah membaca 30 juz atau meng-khatam Al Quran. Hal ini lantas membuat aktor populer Hollywood ini mendapat banyak perhatian, utamanya dari umat muslim.
  • 5 Keutamaan Berpuasa Ramadan, Salah Satunya Menghapus Dosa Masa Lalu
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:27 WIB
    Puasa Ramadan mempunyai kedudukan yang sangat agung. Ada keutamaan dan ganjaran yang sangat besar di dalamnya. Salah satunya diampuni dosa-dosa di masa lalu.
  • Tradisi Punggahan, Berdoa dan Bersyukur Naik ke Bulan Mulia
    Dunia Islam
    Kamis, 16 Maret 2023 - 09:37 WIB
    Masyarakat Indonesia menyambut bulan suci Ramadan dengan beragam tradisi. Salah satunya adalah tradisi punggahan. Ini dilakukan di sejumlah daerah Jawa dengan cara berbeda-beda.
  • Menjadi Istiqamah dalam Ketaatan Setelah Ramadhan Berlalu
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu, dan merupakan karunia besar bagi hamba-hamba yang beriman adalah bisa bertemu dengan Ramadhan serta dapat menyempurnakan ibadah di dalamnya hingga akhir bulan Ramadhan
  • PPPA Daarul Quran Distribusikan 2650 Mushaf dan Bingkisan Ramadhan ke Natuna
    Dunia Islam
    Senin, 25 April 2022 - 15:50 WIB
    Momen Ramadhan 1443 H kali ini PPPA Daarul Quran kembali bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji Republik Indonesia (BPKH RI).
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Berkah Ramadhan, BPJAMSOSTEK Berbagi Takjil ke Pengguna Jalan
    Dunia Islam
    Jum'at, 15 April 2022 - 13:12 WIB
    Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan membagikan paket takjil kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.
  • Tugu Santri Masjid Agung Karawang, Jejak Pusat Penyebaran Islam Pertama di Jawa Barat
    Dunia Islam
    Minggu, 10 April 2022 - 19:38 WIB
    Monumen Tugu Santri yang tegak berdiri di halaman masjid langsung menyambut para jamaah atau pun pengunjung yang datang ke Masjid Agung Karawang.
  • Memahami 5 Fungsi Puasa Ramadhan yang Memerdekakan dan Mempersatukan
    Dunia Islam
    Rabu, 06 April 2022 - 05:07 WIB
    Umat Islam di seluruh dunia saat ini tengah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dengan rangkaian ibadah yang mempersatukan dan memerdekan.
  • Ramadhan Segera Pergi, Kesedihan Bagi Orang-orang Beriman
    Tausyiah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 09:33 WIB
    Kesedihan terbesar bagi orang beriman adalah ketika berpisah dengan bulan mulia Ramadhan. Para salafunas saleh (orang-orang saleh terdahulu) mengungkapkan kesedihan mereka.
  • Human Initiative-Artis Andi Arsyil Bagikan Paket Bingkisan Ramadhan di Pengadegan
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:17 WIB
    Paket Bingkisan berisi beras, minyak goreng, gula pasir, margarin, sirup, kecap, teh celup, biskuit, tepung terigu, dan susu coklat.
  • Berkah Ramadhan, PUAN Berbagi Santunan ke Anak Yatim dan Lansia
    Dunia Islam
    Selasa, 27 April 2021 - 18:35 WIB
    DPP PUAN menggelar berbagai kegiatan sosial dan keagamaan selama Ramadhan ini. Kegiatan tersebut, antara lain pemberian bansos dan tadarus Ramadhan
  • Ramadhan Fest 2021, Wadah Pengusaha Muda Soppeng Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19
    Dunia Islam
    Senin, 19 April 2021 - 00:39 WIB
    Badan Pengurus Cabang (BPC) Pengusaha Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Soppeng terus berupaya memberikan ruang pengusaha muda di daerah tersebut, terutama di Bulan Ramadhan.
  • Kota Mawar di Arab Saudi Merekah di Bulan Ramadhan
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 April 2021 - 18:01 WIB
    Setiap musim semi, mawar mekar di kota Taif, Arab Saudi bagian barat. Pemandangan gurun yang membentang luas itu pun menjadi merah muda cerah dan harum.
  • Abu Hurairah:  Dasar, Gak Biasa Puasa!
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Ramadhan: Setan Dibelenggu, Pintu Surga Dibuka, dan Pintu Neraka Ditutup
    Tausyiah
    Selasa, 13 April 2021 - 04:24 WIB
    Setan-setan dibelenggu maksudnya adalah sesungguhnya dalam bulan Ramadhan Allah menjaga orang-orang muslim dari kemaksiatan, kecenderungan untuk mengikuti bisikan dan godaan setan
  • Renungan: Ramadhan Semoga Saja Tanpa Luka Amarah
    Hikmah
    Minggu, 11 April 2021 - 19:40 WIB
    Puasa mengandung pesan agar kita menghindari perilaku yang tidak sehat, termasuk perilaku yang didorong oleh emosi. Marah dapat mengurangi nilai ibadah puasa
  • Pidato Rasulullah Jelang Ramadhan: Rezeki Kaum Mukmin Ditambah
    Tausyiah
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:55 WIB
    Meskipun sebagian ahli menyebut hadis ini berstatus dhaif, kandungannya masih bisa diamalkan karena berkaitan dengan fadhailul amal (keutamaan amal).
  • 10 Hari Terakhir, Hari-Hari Pembebasan dari Api Neraka
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 04:05 WIB
    Makna itqun minan naar adalah satu prestasi yang telah melalui proses merengkuh rahmat Allah 10 hari pertama dan menggapai maghfirah-Nya selama 10 hari kedua.
  • Perpisahan Sebentar Lagi,  Apa Hasil Puasa Selama Ramadhan?
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Ibadah puasa diperintahkan Allah kepada setiap mukmin agar bisa meraih takwa. Di antara ciri-ciri takwa itu dijelaskan dalam surah Ali Imran : 15-17. Apa saja?
  • Prof Sonny: Taawun Salah Satu Indikator Takwa Berjamaah
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 16:45 WIB
    Predikat takwa yang ingin diraih adalah takwa berjamaah, suatu keadaan yang berkelanjutan, bukan sekadar hari ini bertakwa, kemudian besok tidak lagi.