Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini

loading...
Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini
Isi waktu luang saat puasa dengan berbagai hal yang mendatangkan pahala, salah satunya dengan mendengar atau membaca Al Quran. Foto istimewa
Muslimah, saat berpuasa kita jangan hanya fokus menahan lapar dan haus serta syahwat semata. Namun, manfaatkan waktu berpuasa ini dengan sebaik-baiknya kegiatan. Ada beberapa tips yang dinukil dari about islam, untuk mengisi waktu puasa kita dengan hal-hal sebagai berikut.

Baca juga: Mustajabnya Berdoa di 4 Waktu Bulan Ramadhan Ini

1. Fokus dan menyempurnakan ibadah

Berpuasa harus secara sadar dilakukan juga oleh anggota tubuh dan pikiran serta hati. Puasa seperti inilah yang dimaksudkan untuk mendekatkan kita dengan Pencipta, dan lebih dekat dengan kebenaran.

Baca juga: Dilarangnya Tidak Tidur Setelah Sahur, Ini Alasannya!



Pastikan kita fokus pada kewajiban beribadah dan mencoba menyempurnakannya. Beberapa orang fokus pada sholat tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan, padahal sholat lima waktu masih buruk. Jadi, kita harus menyempurnakan amalan wajib terlebih dahulu, kemudian lakukan amalan sunnah.

Baca juga: Kesederhanaan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa

2. Membaca Al-Qur'an dan tafsirnya

Untuk membantu menyempurnakan sholat, kita dapat mendengarkan atau membaca tafsir Al-Qur'an, terutama Surat Al Fatihah dan Surah yang paling sering kita amalkan. Ini akan meningkatkan khusyu saat sholat, dan pelajari surat sebanyak yang kita bisa. Mempelajari surah baru juga akan meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Tak Gentar Sabotase Israel, Iran Mulai Pengayaan Uranium 60%

3. Berzikir

Salah satu cara terbaik menghabiskan waktu luang di bulan Ramadhan adalah dengan berzikir. Zikir itu sangat mudah dan sederhana, namun itu bisa memberi kita pahala yang besar dan tetap terhubung dengan Allah Azza wa Jalla.

Baca juga: Investasi Sektor EBT Terus Meningkat

Kegiatan di atas, merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadhan, terutama di waktu luang kita. Kurangi bermain game, melihat status orang lain, atau bahkan membaca hal-hal yang tidak penting, yang sama sekali tidak ada manfaat dan pahalanya bagi ibadah puasa kita.

Baca juga: Perang Sarung di Manggarai, Belasan Remaja Diamankan Polisi

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
لَـقَدۡ كَفَرَ الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّ اللّٰهَ ثَالِثُ ثَلٰثَةٍ‌ ۘ وَمَا مِنۡ اِلٰهٍ اِلَّاۤ اِلٰـهٌ وَّاحِدٌ  ؕ وَاِنۡ لَّمۡ يَنۡتَهُوۡا عَمَّا يَقُوۡلُوۡنَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ عَذَابٌ اَ لِيۡمٌ
Sungguh, telah kafir orang-orang yang mengatakan, bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga, padahal tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa azab yang pedih.

(QS. Al-Maidah:73)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!