Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini

Rabu, 14 April 2021 - 07:30 WIB
loading...
Isi Waktu Luang Puasa dengan Cara Terbaik Ini
Isi waktu luang saat puasa dengan berbagai hal yang mendatangkan pahala, salah satunya dengan mendengar atau membaca Al Quran. Foto istimewa
A A A
Muslimah, saat berpuasa kita jangan hanya fokus menahan lapar dan haus serta syahwat semata. Namun, manfaatkan waktu berpuasa ini dengan sebaik-baiknya kegiatan. Ada beberapa tips yang dinukil dari about islam, untuk mengisi waktu puasa kita dengan hal-hal sebagai berikut.



1. Fokus dan menyempurnakan ibadah

Berpuasa harus secara sadar dilakukan juga oleh anggota tubuh dan pikiran serta hati. Puasa seperti inilah yang dimaksudkan untuk mendekatkan kita dengan Pencipta, dan lebih dekat dengan kebenaran.



Pastikan kita fokus pada kewajiban beribadah dan mencoba menyempurnakannya. Beberapa orang fokus pada sholat tarawih yang hanya ada di bulan Ramadhan, padahal sholat lima waktu masih buruk. Jadi, kita harus menyempurnakan amalan wajib terlebih dahulu, kemudian lakukan amalan sunnah.



2. Membaca Al-Qur'an dan tafsirnya

Untuk membantu menyempurnakan sholat, kita dapat mendengarkan atau membaca tafsir Al-Qur'an, terutama Surat Al Fatihah dan Surah yang paling sering kita amalkan. Ini akan meningkatkan khusyu saat sholat, dan pelajari surat sebanyak yang kita bisa. Mempelajari surah baru juga akan meningkatkan konsentrasi.



3. Berzikir

Salah satu cara terbaik menghabiskan waktu luang di bulan Ramadhan adalah dengan berzikir. Zikir itu sangat mudah dan sederhana, namun itu bisa memberi kita pahala yang besar dan tetap terhubung dengan Allah Azza wa Jalla.



Kegiatan di atas, merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadhan, terutama di waktu luang kita. Kurangi bermain game, melihat status orang lain, atau bahkan membaca hal-hal yang tidak penting, yang sama sekali tidak ada manfaat dan pahalanya bagi ibadah puasa kita.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4391 seconds (0.1#10.140)