Mengenal Rasm Utsmani, Mushaf Qur'an Standar Indonesia (1)

Kamis, 15 April 2021 - 15:36 WIB
loading...
Mengenal Rasm Utsmani, Mushaf Quran Standar Indonesia (1)
Salah satu mushaf Al-Quran Rasm Utsmani yang dijual di Indonesia. Foto/Ist
A A A
Al-Qur'an merupakan Kalamullah yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. Sejarah diturunkannya Al-Qur'an ini terjadi di bulan Ramadhan dan di malam yang mulia (Lailatul-Qadar).

Al-Qur'an pertama kali turun di Gua Hira. Kalam Allah ini dibacakan langsung oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad hingga kemudian disempurnakan secara berangsur selama dua periode yaitu Makkah dan Madinah.


Sepeninggal Rasulullah, pembukuan Al-Qur'an mulai digagas di zaman Khalifah Abu Bakar, kemudian berlanjut ke zaman Umar radhiyallahu'anhu. Mushaf Al-Qur'an baru sempurna dibukukan pada zaman Sayyididina Utsman Bin Affan radhiyallahu 'anhu.

Metode penulisan Al-Qur'an inilah yang disebut dengan Rasm. Adapun yang sangat populer di Indonesia adalah Rasm Utsmani yang dinisbahkan kepada Sayidina Utsman Bin Affan. Beliaulah yang mengarahkan supaya Al-Qur'an disalin ke dalam beberapa mushaf dengan menggunakan Rasm tersebut.

Dilansir dari Lajnah Kemenag, mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia adalah Mushaf Al-Qur'an yang dibakukan cara penulisannya (rasm), harakat, tanda baca dan tanda wakafnya berdasarkan hasil Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Qur’an I-IX (1974-983) dan dijadikan sebagai pedoman penerbitan mushaf Al-Qur’an di Indonesia.

Dr Zainal Arifin Madzkur, Peneliti dan Pentashih di LPMQ Balitbang dan Diklat Kementerian Agama mengatakan, sebagaimana diketahui, mushaf-mushaf yang beredar di Indonesia pada tahun 1970-an didominasi mushaf model Bombay. Mushaf itulah yang kemudian pada Muker Ulama Al-Qur’an yang berlangsung 9 tahun banyak dijadikan pijakan untuk menyusun rumusan-rumusan cara penulisan (rasm), harakat, tanda baca dan tanda wakaf yang nantinya pada Muker ke IX/1983 ditetapkan dalam format yang baru dengan diberi nama, ‘Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia’ atau 'Mushaf Standar Indonesia.'
Mengenal Rasm Utsmani, Mushaf Qur'an Standar Indonesia (1)

Semua huruf yang dibaca ditulis lengkap dengan harakat, sebaliknya yang tidak dibaca akan dihilangkan baris harakatnya. Demikian pula tanda-tanda wakafnya, yang sebelumnya ada 12 tanda wakaf, dalam Mushaf Standar Indonesia yang disahkan oleh Menteri Agama melalui KMA No. 25/1984 disederhanakan menjadi tujuh.

Dalam sejarah perkembangan Al-Qur’an di Indonesia, kehadiran Mushaf Standar Indonesia dinilai cukup efektif dalam menyeragamkan semua cetakan dan penerbitan Al-Qur’an. Persoalan-persoalan perbedaan penulisan, harakat, tanda baca dan tanda wakaf hampir tidak lagi terulang. Bahkan LPMQ yang berdiri dari tahun 1957 pun dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam banyak hal semakin dimudahkan.

Di sisi lain, LPMQ yang tadinya merupakan tim ad hoc, sejak 2007 menjadi satuan kerja tersendiri. Upaya-upaya penelitian dan pengembangan terkait dengan isu-isu kealqur’anan juga menjadi bahan kajian khusus selain tugas dan fungsinya untuk mengeluarkan surat tanda tashih bagi setiap mushaf Al-Qur’an yang diterbitkan di Indonesia. Belakangan muncul beberapa pertanyaan terkait dengan pilihan-pilihan cara penulisan yang dalam disiplin ilmu Al-Qur’an dikenal dengan istilah rasm.

Kenapa Mushaf Standar Indonesia ketika menuliskan kata صراط tertulis dengan Alif setelah Ra', sementara Mushaf Madinah tidak dan hanya diberi tanda harakat kecil berdiri (صرط)? Pertanyaan itu sejatinya sudah dijawab pada abad ke-5 H/ 11 M. Pola penulisan Mushaf Standar ternyata bersesuaian dengan riwayat Abu Amr al-Dani (wafat 444 H/1052 M), sementara Mushaf Madinah mengacu riwayat Abu Dawud (wafat 496 H/ 1102 M).

Dalam konteks konsistensi riwayat al-Dani inilah sebenarnya, Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia yang pada Mukernas Ulama Al-Qur'an di Bogor pada tanggal 25-27 September 2018 dengan melibatkan 110 Ulama dari dalam dan luar negeri berusaha untuk disempurnakan.

(Bersambung)!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)