Ini Efek Dahsyat Bagi Rumah yang Sering Dibacakan Al Qur'an

loading...
Ini Efek Dahsyat Bagi Rumah yang Sering Dibacakan Al Quran
Rumah yang sering dibacakan Al-Quran, akan terasa luas bagi penghuninya, dipenuhi para malaikat dan akan banyak kebaikan dalam rumah tersebut. Foto ilustrasi/ist
Bulan suci Ramadhan, mengisi waktu luang di rumah dengan membaca atau tadarus Al-Qur'an sangat dianjurkan. Selain mendapat pahala, ternyata membaca Al-Qur'an di rumah juga memiliki efek luar biasa pada tempat tinggal kita. Seperti apa dampaknya?

Baca juga: Yang Merugi di Bulan Ramadhan, Siapa Saja Mereka?

Ceramah Ustadz Abdullah Zaen, Lc, MA yang ditayangkan di chanel youtube yang diunggah Yufid TV menjelaskan tentang bagaimana efek Al-Qur’an kepada rumah kita. Berikut paparannya;

Sebagai kitab Al-Qur’an bukan hanya memberikan efek kepada kita manusia sebagai makhluk hidup , tetapi Al-Qur’an juga memberikan efek kepada benda mati, seperti rumah misalnya. Hal itu diisyaratkan oleh seorang sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yakni Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu.

Baca juga: Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Sayang Kalau Dilewatkan



Dalam sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Darimi, dan atsar ini dinilai shahih oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani Rahimahullah, Abu Hurairah radhiyallahu ‘Anhu berkata:

إِنَّ الْبَيْتَ لَيَتَّسِعُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَهْجُرُهُ الشَّيَاطِينُ وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ أَنْ يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ

“Rumah yang dibacakan Al-Qur’an, (1) akan terasa luas bagi penghuninya, (2) dan akan dihadiri/dipenuhi oleh para malaikat, (3) setan akan pergi meninggalkan rumah tersebut, (4) dan akan banyak kebaikan dalam rumah tersebut.”

Baca juga: Sedekah Air? Inilah Keutamaannya

Sebaliknya:

وَإِنَّ الْبَيْتَ لَيَضِيقُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَهْجُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ وَيَقِلُّ خَيْرُهُ أَنْ لَا يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ

“Rumah yang tidak dibacakan Al-Qur’an, (1) akan terasa sempit bagi penghuninya, (2) akan ditinggalkan oleh malaikat, (3) akan dihadiri oleh setan, (4) akan sedikit kebaikannya.”

Saat ini banyak orang merasa tidak nyaman tinggal di rumah, tidak betah di rumah, padahal rumahnya bagus, mewah, dan megah. Al-Qur’an membuat efek rumah terasa luas walaupun mungkin rumahnya itu kecil. Salah satu faktor yang mempengaruhi luas atau sempit adalah perasaan. Ketika orang merasa nyaman, walaupun sempit akan terasa luas.

Baca juga: Tekan Laju Covid-19 Selama Ramadhan, Anies Perpanjang PPKM Mikro hingga 3 Mei

Perasaan ada di hati, dan hati dikuasai oleh Allah. Sehingga orang-orang yang hidupnya berada di rumah-rumah yang mungkin sangat sederhana, ketika dia rajin membaca Al-Qur’an, maka rumah akan terasa luas, tidak terasa sumpek.

Apalagi rumah-rumah itu didatangi oleh malaikat. Dan malaikat itu rata-rata membawa kebaikan. Apalagi malaikat pembawa rahmat. Asyiknya lagi, setan-setannya pada menyingkir.

Lihat ya, dibacakan Al-Qur’an, bukan ditempeli Al-Qur’an. Ada sebagian orang mengganggap bahwa untuk mengusir setan maka ditempeli ayat kursi di setiap kamar. Padahal tergantung Anda membaca atau tidak Ayat Kursi di rumah?

Baca juga: Pangeran Harry Ngobrol Tatap Muka dengan Pangeran Charles Sebelum Kembali ke Amerika

Ditempeli Ayat Kursi tapi yang disetel dangdut? Ini tidak nyambung. Harusnya yang dibacakan adalah Al-Qur’an. Sehingga betul-betul setannya akan pergi.
halaman ke-1
cover top ayah
وَذَرۡنِىۡ وَالۡمُكَذِّبِيۡنَ اُولِى النَّعۡمَةِ وَمَهِّلۡهُمۡ قَلِيۡلًا‏
Dan biarkanlah Aku (yang bertindak) terhadap orang-orang yang mendustakan, yang memiliki segala kenikmatan hidup, dan berilah mereka penangguhan sebentar.

(QS. Al-Muzammil:11)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!