Bacaan Tasbih, Kalimat Toyyibah yang Banyak Keutamaan

Minggu, 25 April 2021 - 10:15 WIB
loading...
Bacaan Tasbih,  Kalimat Toyyibah yang Banyak Keutamaan
Kalimat tasbih juga mempunyai banyak keutamaan, salah satunya adalah bisa memberi ketentraman diri kita baik saat di dunia maupun di akhirat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bacaan tasbih yang sering kita ucapkan yakni 'Subhanallah", disebut juga sebagai kalimat toyyibah . Kalimat yang berarti 'Maha Suci Allah' ini, biasa kita baca sebagai zikir . Banyak keutamaan dari kalimat tasbih ini, sekaligus sebagai pengakuan pada diri kita yang penuh berlumuran dosa dan bahwa hanya Allah lah zat yang Maha Suci.

Kalimat tasbih sendiri tercantum di dalam Al Qur'an . Di antaranya sebagai pembuka surat. Ada beberapa surat dalam Al Qur'an yang kalimat pembukanya menggunakan kalimat tasbih, di antaranya:



1. Surat Al-Isra

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

juga ayat :

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ ۚ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَٰكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ ۗ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun.” (QS.Al Isra’: 44)



2. Surat Al-A’la

سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى

“Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi.”

Di surat-surat tersebut, Allah menunjukkan kepada kita sebagai hamba-Nya untuk senantiasa bertasbih kepada-Nya.

3. Surat At Taghabun

Di beberapa surat, Allah menunjukkan bahwa semesta bertasbih kepadaNya. Hal itu menunjukkan bahwa bukan hanya kita (Manusia) yang Allah perintahkan untuk bertasbih. Namun, semua makhluk ciptaan-Nya yang ada di alam semesta ini bertasbih kepada-Nya.

يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۖ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS.At Taghabun: 1).



4. Surat Al Hadid
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3653 seconds (0.1#10.140)