Hati-hati, 3 Perkara yang Dianggap Sepele Ini Bisa Mengundang Murka Allah Ta'ala

Senin, 03 Mei 2021 - 11:45 WIB
loading...
A A A
3. Menyia-nyiakan Harta

Suka menyia-nyiakan atau membuang-buang harta. Padahal Allah Ta'ala telah memberikan kenikmatan berupa harta sehingga wajib mensyukurinya. Perbuatan menyiakan harta tergolong tak bersyukur atas nikmatnya.

Allah berfirman, “Syukurilah kenikmatan Allah atas kalian jika kalian hanya beribadah kepadanya.” (QS. An Nahl: 114).

Contoh membuang-buang harta misalnya; berlaku boros, mengeluarkan harta untuk kemaksiatan, membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan, membuang makanan ke tempat sampah, dan lain sebagainya. Bahkan termasuk menyiakan harta pula yakni membeli banyak pulsa untuk mengakses internet yang tak perlu.



Allah berfirman, “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isra’: 26-27).

Muslimah, seringkali kita tidak sadar dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tanpa pikir panjang tersebut. Padahal hal itu mengundang murka Allah. Sebagaimana firman-Nya,

اَفَمَنِ اتَّبَعَ رِضۡوَانَ اللّٰهِ كَمَنۡۢ بَآءَ بِسَخَطٍ مِّنَ اللّٰهِ وَمَاۡوٰٮهُ جَهَنَّمُ‌ؕ وَ بِئۡسَ الۡمَصِيۡرُ

“Apakah orang yang mengikuti keridaan Allah sama dengan orang yang kembali membawa kemurkaan (yang besar) dari Allah dan tempatnya adalah Jahanam? Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. Ali Imran: 162).

Semoga kita dapat menjauhi dan menghindari perbuatan-perbuatan tersebut, dan Allah Ta'ala senantiasa melindungi kita. Aamiin.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3085 seconds (0.1#10.140)