15 Ulama Besar yang Pernah Dipenjara Oleh Penguasa

loading...
15 Ulama Besar yang Pernah Dipenjara Oleh Penguasa
Ilustrasi ulama terdahulu ketika dipenjara oleh penguasa pada zamannya. Foto/Ist
Ulama atau orang 'alim adalah orang yang memiliki keutamaan agung di sisi Allah. Kedudukan mereka seperti yang disabdakan oleh Rasulullah, "Al-'Ulama wa Rotsatil Anbiya" yang artinya ulama adalah pewaris para Nabi.

Peran yang dipikul oleh ulama tidaklah ringan karena tanggung jawab mereka yang besar di dunia dan akhirat. Ulama laksana bulan yang bersinar di kegelapan.

Baca Juga: Imam Syafi'i Pernah Dirantai dan Dipenjara, Beliau Tetap Mulia di Sisi Allah

Dalam satu riwayat, Nabi bersabda: "Siapa yang memuliakan seorang yang berilmu maka sungguh ia telah memuliakanku. Siapa yang memuliakanku, maka sungguh ia telah memuliakan Allah. Dan siapa yang memuliakan Allah, maka tempatnya adalah surga."

Pasang surut hubungan ulama dengan penguasa sudah terjadi sejak zaman sahabat Nabi, Tabi'in hingga di zaman ini. Sejarah seakan berulang, yang berbeda hanyalah istilah dan penamaannya saja.

Berikut deretan tokoh ulama yang pernah disiksa dan dipenjara oleh penguasa pada zamannya dihimpun dari berbagai sumber.

1. Sa'id bin Jubair
Ulama ahli tafsir, murid terbaik Ibnu Abbas dipancung di tangan Penguasa Al-Hajjaj. Ulama Tabi'in ini dipenggal kepalanya gara-gara menentang khilafah Umawi bersama Ibnu al-Asy'ats. (Wafayatul A'yan, 2/373).

2. Sa'id bin Musayyab
Ulama besar bernama Sa'id Bin al-Musayyib pernah mengalami kriminalisasi saat menolak baiat kepada putra Abdul Malik (Al-Walid dan Sulaiman) sebagai ganti dari Abdul Aziz bin Marwan. Aakhirnya Hisyam bin Ismail (Gubernur Madinah) memberi sanksi 60 cambukan kepadanya, dan dipenjara. (Siyaru A'lam An-Nubala, 5/130). Riwayat lain menyebutk Sa'id diboikot, tidak diajak bicara bahkan dicambuk.

3. Abdullah bin Az-Zubeir
Cucu Sayyidina Abu Bakar Ash-Shidiq, putra Zubeir bin Awwam ini dibunuh oleh pasukan Al-Hajjaj. Pemberontakan Khawarij di Iraq terhadap Ibnu Zubair menyebabkan kekuasaan Ibnu Zubair bertahan di Hijaz. Ibnu Zubair ditangkap dan dibunuh oleh Hajjaj bin Yusuf pada tanggal 17 Jumadil Awwal 73 H atau 4 Oktober 692. Leher Ibnu Zubair dipenggal dan kepalanya dikirim sebagai hadiah kepada khalifah Abdul-Malik di Damaskus dan tubuhnya disalib.

4. Imam Abu Hanifah An-Nu'man
Beliau wafat di Baghdad Irak, Tahun 148 Hijriyah. Beliau dipenjara karena menolak jabatan hakim di masa Khalifah Abu Ja'far Al-Mansur. Beliau dipaksa paksa menghadap Khalifah dan kemudian dicambuk dan dimasukkan ke penjara. Ulama besar pendiri Mahzah Hanafiyah itu mendapatkan tahanan rumah hingga terkena penyakit semakin lama semakin parah. Akhirnya Beliau wafat pada usia 68 tahun.
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَنۡ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفۡسًا اِذَا جَآءَ اَجَلُهَا‌ؕ وَاللّٰهُ خَبِيۡرٌۢ بِمَا تَعۡمَلُوۡنَ
Dan Allah tidak akan menunda kematian seseorang apabila waktunya telah datang. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Munafiqun:11)
cover bottom ayah
preload video