Zikir yang Sering Dibaca Gus Baha Saat Pengajian

Selasa, 15 Juni 2021 - 11:10 WIB
loading...
Zikir yang Sering Dibaca Gus Baha Saat Pengajian
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha. Foto/Ist
A A A
Umat Islam disunnahkan melakukan zikir ketika duduk di pengajian atau halaqah. Keutamaan berzikir ini diterangkan dalam banyak riwayat, salah satunya dalam hadis sahih Muslim.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah sekali-kali suatu kaum duduk-duduk untuk berdzikir kepada Allah melainkan para Malaikat mengerumuni mereka, dan rahmat meliputi mereka, serta ketenangan diturunkan kepada mereka. Dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan para malaikat yang dekat di sisi-Nya". (HR Muslim)



Salah satu ciri khas pengajian Nahdliyin ataupun Habaib selalu memulainya dengan membaca wirid zikir dan sholawat. Ulama yang juga Rais-Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau dikenal dengan Gus Baha selalu mengamalkan wirid zikir dan shalawat.

Salah satu bacaan wirid yang sering dibaca oleh Gus Baha saat mengisi pengajian kitab bersama para santri atau pengajian umum yaitu zikir yang bersumber dari Hadis Nabi berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi wa bihamdihi 'adada kholqihi wa ridho nafsihi wa zinata 'Arsyihi wa midada Kalimatihi.

"aha suci Allah dan aku memuji-Nya sebanyak ciptaan-Nya sejauh ridha-Nya seberat timbangan 'Arsy-Nya dan sebanyak tinta untuk menulis kalimat-Nya." (HR Muslim)

Zikir ini bisa diamalkan oleh siapa saja baik ketika duduk di pengajian atau setelah selesai sholat fardhu. Zikir ini termasuk wiridnya para ulama.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)