Zikir yang Sering Dibaca Gus Baha Saat Pengajian

loading...
Zikir yang Sering Dibaca Gus Baha Saat Pengajian
Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau lebih dikenal dengan Gus Baha. Foto/Ist
Umat Islam disunnahkan melakukan zikir ketika duduk di pengajian atau halaqah. Keutamaan berzikir ini diterangkan dalam banyak riwayat, salah satunya dalam hadis sahih Muslim.

Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah sekali-kali suatu kaum duduk-duduk untuk berdzikir kepada Allah melainkan para Malaikat mengerumuni mereka, dan rahmat meliputi mereka, serta ketenangan diturunkan kepada mereka. Dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan para malaikat yang dekat di sisi-Nya". (HR Muslim)

Baca Juga: 10 Keutamaan Zikir Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil 'Azhim

Salah satu ciri khas pengajian Nahdliyin ataupun Habaib selalu memulainya dengan membaca wirid zikir dan sholawat. Ulama yang juga Rais-Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau dikenal dengan Gus Baha selalu mengamalkan wirid zikir dan shalawat.

Salah satu bacaan wirid yang sering dibaca oleh Gus Baha saat mengisi pengajian kitab bersama para santri atau pengajian umum yaitu zikir yang bersumber dari Hadis Nabi berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

Subhanallahi wa bihamdihi 'adada kholqihi wa ridho nafsihi wa zinata 'Arsyihi wa midada Kalimatihi.

"aha suci Allah dan aku memuji-Nya sebanyak ciptaan-Nya sejauh ridha-Nya seberat timbangan 'Arsy-Nya dan sebanyak tinta untuk menulis kalimat-Nya." (HR Muslim)

Zikir ini bisa diamalkan oleh siapa saja baik ketika duduk di pengajian atau setelah selesai sholat fardhu. Zikir ini termasuk wiridnya para ulama.

Wallahu A'lam

Baca Juga: 5 Keutamaan Mengucap Zikir Laa Ilaha Illallah
(rhs)
cover top ayah
وَلَوۡ شَآءَ اللّٰهُ لَجَعَلَهُمۡ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰـكِنۡ يُّدۡخِلُ مَنۡ يَّشَآءُ فِىۡ رَحۡمَتِهٖ‌ؕ وَالظّٰلِمُوۡنَ مَا لَهُمۡ مِّنۡ وَّلِىٍّ وَّلَا نَصِيۡرٍ
Dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia jadikan mereka satu umat, tetapi Dia memasukkan orang-orang yang Dia kehendaki ke dalam rahmat-Nya. Dan orang-orang yang zhalim tidak ada bagi mereka pelindung dan penolong.

(QS. Asy-Syura:8)
cover bottom ayah
preload video