Hari Ini, Ibadah Haji Dimulai dengan Aturan Ketat COVID-19

Sabtu, 17 Juli 2021 - 16:03 WIB
loading...
Hari Ini, Ibadah Haji Dimulai dengan Aturan Ketat COVID-19
Ibadah haji telah dimulai hari ini, Sabtu (17/7/2021), di tengah aturan ketat terkait COVID-19. Foto/Al Arabiya
A A A
MAKKAH - Ibadah haji di Arab Saudi telah dimulai hari ini, Sabtu (17/7/2021), di bawah tindakan pencegahan COVID-19 yang ketat. Ini adalah tahun kedua berturut-turut ibadah haji diadakan dalam keadaan khusus.

Dikutip dari Al Arabiya, para jamaah mulai berduyun-duyun ke Makkah pada Sabtu pagi sebagai persiapan untuk memulai ibadah haji, yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan ibadah untuk setiap Muslim yang mampu.

Ratusan umat Muslim tiba di stasiun al-Zaidi di Makkah, di mana lebih dari 200 bus akan membawa mereka ke halaman Ka'bah setelah izin mereka diperiksa. Jelang haji, jemaah haji telah diminta mengunduh aplikasi seluler Shaaer Smart Card.

Di aplikasi, detail informasi pribadi dan tempat tinggal seorang jamaah, serta aplikasi haji pintar mereka akan ditampilkan. Smart Card Shaaer terkait dengan status kesehatan jamaah. Ini juga memungkinkan jamaah untuk mendapatkan dan menilai layanan haji, mengakses berbagai transportasi di sekitar halaman Makkah dan sepanjang perjalanan haji mereka, mengakses gerbang pintar, antara lain.



Makkah biasanya akan menyambut lebih dari 2,5 juta umat Muslim dari seluruh dunia untuk ibadah haji. Namun, karena pandemi virus Corona, haji tahun ini dibatasi hanya 60.000 orang yang tinggal di Arab Saudi yang telah divaksinasi virus.

Tahun lalu, hanya beberapa bulan setelah wabah dimulai, Arab Saudi hanya mengizinkan 10.000 orang yang tinggal di negara itu untuk melakukan ibadah haji.

Pihak berwenang Arab Saudi telah mengatakan bahwa mereka berharap untuk mengulangi keberhasilan ibadah haji tahun lalu, yang ditandai dengan organisasi yang sangat besar dan komitmen penuh dari pejabat dan jamaah untuk mengikuti pedoman pencegahan COVID-19.

Hanya warga dan warga yang divaksinasi yang diberi izin untuk melakukan ibadah haji tersebut. Mereka juga harus berusia antara 18 dan 65 tahun, tidak menderita penyakit kronis, dan tidak pernah melakukan haji sebelumnya.



Langkah-langkah jarak sosial akan diberlakukan setiap saat selama haji untuk memastikan para jemaah tidak tertular virus Corona. Robot juga telah ditempatkan di sekitar halaman Ka'bah untuk menyemprot pembersih sepanjang hari.

Beberapa robot lain juga digunakan untuk melayani air Zamzam bagi para jamaah dan pekerja.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)