Meneladani Ibrahim: Teladan dalam Membangun Komunitas Umat (Bagian 1)

Minggu, 25 Juli 2021 - 09:36 WIB
loading...
Meneladani Ibrahim: Teladan dalam Membangun Komunitas Umat (Bagian 1)
Imam Shamsi Ali, Direktur/Imam Jamaica Muslim Center. Foto/Ist
A A A
Imam Shamsi Ali
Presiden Nusantara Foundation,
Imam/Direktur Jamaica Muslim Center

Di musim haji dan di musim kurban saat ini kita diingatkan tiga hal dalam Islam yang tidak terpisahkan. Haji itu sendiri, kurban (udhiyah) dan sosok seorang Nabi bernama Ibrahim 'alaihissalam. Ketiga hal ini dalam tatanan ajaran Islam saling terkait, bahkan secara historis saling mengikat.

Hampir semua amalan haji, dari ihram, tawaf, sa'i, wukuf, jamarat, hingga ke korban semuanya merujuk kepada Nabi Ibrahim. Bahkan kurban yang kita peringati (rayakan) tahunan juga merupakan amalan yang ditinggalkan Ibrahim untuk kita.

Esensi keterkaitan dan keterikatan ketiganya sesungguhnya ada pada kenyataan bahwa Islam yang Allah turunkan kepada umat ini adalah tuntunan atau "jalan hidup yang sempurna". Sehingga Islam yang "kaamil" (sempurna) dan ber-Islam secara "kaafah" (menyeluruh) menjadi tuntutan bagi umat ini.

Allah berpesan: "Wahai orang-orang yang beriman. Masuklah kalian ke dalam agama ini secara sempurna. Dan jangan ikuti jalan-jalan syetan. Sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (Al-Qur'an).

Singkatnya, Haji itu simbolisasi kesempurnaan amalan Islam. Di haji terdapat sholat, zakat, puasa, dan semua ritual dzikir, tasbih, dan seterusnya. Sementara Ibrahim adalah sosok yang telah menyempurnakan perintah-perintah Tuhannya. Dan korbanlah yang menjadi pengikat kesempurnaan Islam. Bahwa tidak akan sempurna keislaman seseorang tanpa semangat juang (dikenal dalam Islam dengan jihad). Dan jihad pastinya menuntut pengorbanan.

Meneladani Nabi Ibrahim
Dalam perspektif Islam, Ibrahim memang sosok panutan. Allah dalam beberapa tempat di Al-Qur'an menegaskan, bahkan memerintahkan umat ini untuk menjadikan Ibrahim sebagai "uswah" (role model) atau panutan.

"Sesungguhnya ada keteladanan untuk kalian pada Ibrahim dan mereka yang mengukutinya. Ketika mereka berkata kepada kaumnya: Sesungguhnya kami berlepas diri dari kalian” (Al-Qur'an).

"Dan ikutlah kepada millah Ibrahim." (Al-Qur'an)

Tentu kalau berbicara tentang Ibrahim begitu banyak keteladan yang perlu dan harus kita teladani. Dari soliditas iman, intelektualitas, kemampuan komunikasi, komitmen dakwah, perhatian kepada keluarga dan generasi, hingga semangat juang dan pengorbanan yang tiada banding.

Ibrahim dan Komunitas
Selain dikenal sebagai Bapak para Nabi (Abul Anbiya), Ibrahim juga dikenal dalam agama Islam sebagai representasi Umat. "Kaana ummatan qaanitho" dalam bahasa Al-Qur'an.

Ini menunjukkan bahwa dari sekian banyak keteladanan yang harus kita teladani, salah satunya yang penting adalah menauladani Ibrahim dalam membangun komunitas atau Umat. Dimulai dari kehidupan keluarga, anak dan generasi, hingga kepada pembentukan peradaban terefleksi (terpancar) dari perjalanan sejarah hidup Ibrahim AS.

Dalam proses membangun komunitas (masyarakat) atau peradaban itu Ibrahim memulai dengan membangun “fondasi” yang sangat kuat. Fondasi Komunitas dan peradaban itulah yang dalam agama kita kenal dengan iman.

Dari awal hidupnya, Ibrahim memilih karakter keimanan yang luar biasa (extraordinary). Beliau dilahirkan dalam sebuah lingkungan yang paradoks dengan ketauhidan (masyarakat musyrik). Tapi Ibrahim kokoh dalam mempertahankan kecenderungan fitriyahnya. Tendensi ini lebih dikenal dengan istilah “haniif” (lurus atau bersih).

Sebuah pelajaran penting bahwa Iman itu ketika berada dalam sebuah lingkungan atau masyarakat dengan warna atau keadaan apapun, tidak akan terwarnai. Sebaliknya imanlah yang kemudian mewarnai masyarakat atau lingkungan itu.

Dalam proses tumbuh sebagai remaja, akal pikiran Ibrahim juga mengalami tingkatan kuriositas yang sangat tinggi. Keingin tahuan Ibrahim yang tinggi itu mengantarkannya kepada wawasan pemikiran yang tajam tapi terkontrol.

Bagaimana beliau berproses dalam menuju kepada kebenaran mutlak Ilahi. Dari bintang-bintang ke bulan dan matahari, pada akhirnya kepada sebuah kesimpulan bahwa "Sesungguhnya Tuhan itu adalah yang mencipta langit dan bumi yang tiada sekutu baginya". Ibrahim pun membangun kesadaran dan komitmen menghadapkan wajah hanya padaNya seraya berserah dan tidak akan menyekutukanNya."

Keyakinan yang unshakable (kokoh) ini menjadikannya terdorong untuk menjadi agen perubahan (agent of change) dalam masyarakat. Diapun mulai mengajak masyarakat, bahkan Ayahnya sendiri untuk merubah kesyirikan itu kepada Tauhid.

Pelajaran dari penggalan sejarah ini adalah bahwa proses pembentukan masyarakat atau Umat tidak bisa terlepas dari perjuangan dakwah. Realita ini merupakan sunnatullah yang kita ambil dari sejarah panjang para nabi dan rasul. Bahwa Umat dan peradaban tidak akan terwujud kecuali dengan komitmen perjuangan dalam dakwah. Dakwahlah yang menjadi pintu terbentuknya Umat dan peradaban.

Demikianlah Ibrahim terus melangkah dalam mendakwahkan tauhid di masanya. Dan sebagaimana tabiat Dakwah itu sendiri, resistensi demi resistensi juga semakin menguat. Dari sesama pemuda, masyarakat umum, hingga ke raja bahkan ayahnya sendiri menentang ajakan Ibrahim untuk mengimani "laa ilaaha illa Allah".
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)