15 Orang yang Selalu Didoakan Para Malaikat, Berikut Hadisnya

Senin, 26 Juli 2021 - 21:01 WIB
loading...
A A A
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ.

"Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur." (HR Ibnu Hibban dan ath-Thabrani)

12. Orang yang Menjenguk Orang Sakit
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إِلَّا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ، وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الجَنَّةِ»

"Tidak ada seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya yang sakit di pagi hari, melainkan akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari, maka akan didoakan oleh 70 ribu malaikat hingga pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang dipetik dari surga." (HR at-Tirmidzi)

13. Orang yang Mengajarkan Kebaikan kepada Orang Lain.
Rasulullah bersabda:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الخَيْرَ

"Sesungguhnya Allah, para Malaikat-Nya, penduduk langit-langit dan bumi-bumi, hingga semut-semut yang ada di lubangnya, hingga ikat-ikan, benar-benar semuanya bershalawat (memintakan ampun) untuk orang yang mengajari kebaikan kepada manusia." (HR. At-Tirmidzi No 2685)

14. Orang yang Bersiwak Ketika Hendak-Sholat dan Membaca Al-Qur'an
Berikut keutamaan bersiwak yang mendatangkan keridhoaan Allah. Para Malaikat juga menyukai mereka yang bersiwak. Rasulullah SAW bersabda: "Seorang hamba apabila bersiwak kemudian berdiri shalat maka ada malaikat berdiri di belakangnya dan mendekat sampai meletakkan mulutnya di atas mulut hamba itu. Sehingga, tidaklah dia membaca satu ayat pun kecuali berada di rongga malaikat. Maka sucikanlah mulut kalian untuk membaca Al-Qur'an." (Riwayat dari Sayyidina Ali radhiyallahu 'anhu)

15. Orang yang Mengkhatamkan Al-Qur'an
Para Malaikat juag mendoakan orang yang Mengkhatamkan kitabullah (Al-Qur'an). Rasulullah SAW bersabda: "Ketika seorang hamba membaca Al-Qur'an ketika khatamannya ada 60 ribu Malaikat yang ikut membacakan sholawat (mendoakan) hamba tersebut." (HR Adalaimi)

Di riwayat lain: "Barang siapa yang mengkhatamkan Al-Qur'an di pagi hari maka para Malaikat semuanya membaca sholawat (mendoakan) orang tersebut sampai sore hari. Dan barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Qur'an di sore hari maka para Malaikat semuanya membaca sholawat (mendoakan) orang tersebut sampai pagi hari." (HR Abu Nuaim)

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)