Cara Minum Rasulullah Cegah Kemaksiatan, Yuk Amalkan

Selasa, 27 Juli 2021 - 15:09 WIB
loading...
Cara Minum Rasulullah Cegah Kemaksiatan, Yuk Amalkan
Selain minum dengan posisi duduk, Rasulullah mengajarkan cara minum tiga kali tegukan diawali basmalah dan diakhiri hamdalah setiap tegukannya. Foto/dok wajibbaca
A A A
Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam adalah panutan terbaik dalam segala hal. Beliau mencontohkan bagaimana cara makan dan minum yang mendatangkan keberkahan.

Ulama kharismatik Mesir Al-Imam Muhammad Mutawalli Asy-Sya'rawi (1911-1998) menjelaskan cara minum yang dilakukan Rasulullah yang faedahnya dapat mencegah kemaksiatan. Berikut penjelasan Imam Sya'rawi:

‎إنَّك اذا ما اقبلتَ على شَربَةِ مَاء , فقَسِّمْهُ اَثلاَثًا
"Sesungguhnya jika engkau saat akan meneguk air minum, maka bagilah dengan tiga kali tegukan."

‎إشْرَبْ أوّلَ جَُرعَةٍ وقُلْ بِسْمِ اللَّه، واشْرَبْهَا ! ثمَّ انْتَهِ مِنَ الجرعة و قُل الحَمدُ لِلّٰه
"Minumlah pada tegukan pertama dan ucapkan Bismillah lalu minumlah! kemudian setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah."

‎واقتَدِ الىَ الجُرعَة الثَّانِيَة وقل بسم الله، وانْتَهِ منها وقل الحمد لله
"Lalu ikuti pada tegukan selanjutnya dan ucapkan Bismillah, dan bila telah selesai dari tegukan kedua ini ucapkan kembali Alhamdulillah."

‎ثم اخْتِمْ بالثّالثَة و قل بسم الله و اختِمهَا بقولِكَ الحمد لله
"Kemudian akhiri pada tegukan yang terakhir(ketiga) dan ucapkan Bismillah, lalu setelah kau minum ucapkan Alhamdulillah."

‎إِذَا أَخَذْتَ شَرْبَةَ مَاءٍ بهٰذِهِ الطَّرِيقَة الّتِي نُقِلَتْ عَنْ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليهِ وَ سلَّم.. طَالَمَا كَانَ فِي جَوفِكَ ذٰلكَ المَاء فَلمْ تحدّثكَ ذَرّة بمَعْصِيَةِ الله
"Jika engkau mempraktekkan saat meminum air dengan cara seperti ini (yang dinukilkan dari cara Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam), ketahuilah selama air itu ada dalam perutmu maka tak akan terjadi di tubuhmu untuk ada keinginan melakukan maksiat walau hanya sebesar biji dzarroh di hadapan Allah."



Dalam satu riwayat disebutkan, apabila seorang makan tidak membaca nama Allah maka makanannya disertai setan. Rasulullah SAW bersabda:"Bila salah seorang dari kalian makan, tapi lupa menyebut nama Allah atas makanan itu, maka hendaklah ia membaca: 'Bismillahi Awwalahu wa Akhirahu' (Dengan nama Allah pada awal dan akhirnya). (Riwayat dari Sayyidah Aisyah)

Selain membaca basmalah ketika hendak makan dan minum, seseorang juga dianjurkan dalam posisi duduk. Duduk salah satu sunnah Nabi yang dapat mendatangkan ridho Allah Ta'ala.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)