Ingin Didoakan Malaikat? Lakukan Amalan-Amalan Berikut Ini

Rabu, 28 Juli 2021 - 14:17 WIB
loading...
A A A


Ibnu Katsir dalam tafsirnya, bahwa Allah SWT. menceritakan tentang malaikat yang terdekat dengan-Nya dari kalangan malaikat pemikul 'Arasy, yang semuanya ada empat, juga para malaikat Karubiyyin yang ada di sekitarnya.

Bahwa mereka selalu bertasbih dan memuji Tuhan mereka, yakni mereka membarengkan tasbih yang artinya menafikan segala kekurangan dari Allah Swt. dan tahmid (pujian) yang artinya mengukuhkan sifat-sifat yang terpuji bagi Allah Swt.

{وَيُؤْمِنُونَ بِهِ}

"mereka beriman kepada-Nya. (Al-Mu’min: 7)

Yakni tunduk patuh kepada-Nya dengan rendah diri di hadapan-Nya, dan bahwa mereka:

{يَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا}

"memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman." (Al-Mu’min: 7)

Ibnu Katsir juga mengatakan, dari kalangan penduduk bumi, yaitu orang-orang yang beriman kepada yang gaib. Allah SWT telah menugaskan kepada malaikat-malaikat yang terdekat agar mendoakan kaum mukmin tanpa sepengetahuan mereka.

"Mengingat hal ini merupakan watak dari para malaikat, maka mereka selalu mengamini doa seorang mukmin kepada saudara semukminnya tanpa sepengetahuannya," katanya.

Seperti yang telah disebutkan di dalam kitab Sahih Muslim melalui salah satu hadisnya yang mengatakan:

"إِذَا دَعَا الْمُسْلِمُ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ قَالَ الْمَلَكُ: آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلِهِ"

"Apabila seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, maka malaikat mengamininya dan mendoakan, "Semoga bagimu hal yang semisal."

Sementara itu, Syaikh Amin bin Abdullah asy-Syaqawi dalam tulisannya berjudul الإيمان بالملائكة عليهم السلام yang diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah menjelaskan di kalangan malaikat, ada yang mengucapkan amin terhadap bacaan orang yang sedang sholat, sambil mendo’akan, “Ya Allah, bagi-Mu pujian itu dilantunkan.”

Mereka juga mendo’akan orang yang menunggu sholat ditegakkan, memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman, mendo’akan mereka untuk masuk ke dalam surga, melaknat orang kafir, atau orang yang mengangkat senjata pada saudaranya, perempuan yang enggan diajak berhubungan badan oleh suaminya.

Malaikat juga mendo’akan orang-orang yang mengajarkan kebaikan, sebagaimana itu semua telah dijelaskan dalam al-Qur’an maupun sunah. (Selesai)
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)