Ini Alasan Kenapa Kita Dilarang Tidur di Waktu Pagi

Senin, 23 Agustus 2021 - 07:00 WIB
loading...
Ini Alasan Kenapa Kita Dilarang Tidur di Waktu Pagi
Apa yang kita lakukan di pagi hari berhubungan erat dengan rezeki kita. Islam melarang umatnya tidur di waktu pagi terutama di waktu Sahur dan bakda Subuh. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Tidur yang baik dan benar akan mendatangkan keberkahan dan kesuksesan dalam hidup. Bagaimana caranya supaya sebuah hari menjadi barokah? Jangan tidur di waktu pagi!

Berikut alasan kenapa Islam melarang umatnya tidur di waktu pagi. Menurut Dai yang berkonsentrasi dalam Parenting Nabawiyah Ustaz Budi Ashari dalam kajian onlinenya, pagi adalah waktu yang diberkahi.



Allah Ta'ala memberikan kepada kita satu hari satu malam 24 jam. Dan itu sama, dari hari senin sampai minggu, satu hari itu pasti 24 jam. Tetapi ada kita rasakan hari-hari kita lalui berbeda-beda kualitasnya.

"Bukankah terkadang kita pernah merasakan satu hari penuh dengan kebaikan dan ketaatan, karya. Tapi terkadang ada satu hari kita lalui bahkan kita tidak tau apa yang harus kita lakukan, kosong. Kita tidak tahu harus merencanakan apa, berlalu sia-sia," kata Dai lulusan Universitas Islam Madinah itu.

Bahkan terkadang ada satu hari yang kita lewati, ada dosa-dosa yang terselip disana (wala'iyaadzubillah, mudah-mudahan Allah menjaga kita). Karenanya yang menjawab agar hari-hari kita yang 24 jam berlalu dengan kebaikan-kebaikan, maka hari itu harus memiliki keberkahan.

Seperti yang dikatakan Abdullah bin Abbas: "Apakah kamu tidur di saat Allah sedang membagi rezeki sekarang ini?"

Karena apa yang kita lakukan di pagi hari berhubungan erat dengan rezeki kita. Apalagi ketika membuka pagi dibarengi dengan istighfar. Apapun masalahnya, istighfar adalah solusinya.

Yang rezekinya bermasalah, yang kesehatannya masalah, yang belum juga dapat jodoh, apapun masalahnya solusinya istighfar.

‎فَقُلْتُ ٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ إِنَّهُۥ كَانَ غَفَّارًا

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun." (QS Nuh: 10)

Istighfar adalah aktivitas muslimin untuk sepanjang hari, tetapi secara spesial Allah sampaikan itu aktivitas di waktu (sahur).

‎وَبِٱلْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

"Dan pada waktu sahur mereka pun beristighfar." (QS. Adz-Dzariyyat: 18)

Demikian alasan kenapa kita dilarang tidur waktu pagi mengingat keberkahannya yang luar biasa. Waktu pagi terbaik adalah waktu sahur sebelum Subuh. Setelah Subuh, kita dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan berzikir. Semoga Allah memberkahi hari-hari kita.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)