Gus Baha: Waktu Mustajab untuk Berdoa Bukan Tengah Malam

loading...
Gus Baha: Waktu Mustajab untuk Berdoa Bukan Tengah Malam
Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha ketika menyampaikan tausiyahnya. Foto/dok unissula
Kata Gus Baha, waktu mustajab untuk berdoa bukan tengah malam. Ulama bernama lengkap KH Ahmad Bahauddin Nursalim itu membocorkan waktu mustajab (cepat dikabulkan) dalam satu kajiannya bersama santri.

Banyak orang beranggapan waktu paling mustajab-berdoa adalah pada sepertiga akhir malam. Namun menurut ahli tafsir Al-Qur'an itu ada waktu yang lebih mustajab bertepatan dengan momen tertentu.

Menurut Gus Baha dilansir dari Portal Jember yang bersumber dari Channel Kajian Islam Rabu, 17 Maret 2021, Allah menetapkan waktu-waktu tertentu untuk berdoa agar lebih mudah dikabulkan.

Selama ini orang mengetahui waktu paling mustajab dalam berdoa adalah di sepertiga malam terakhir. Adapun waktu paling mustajab untuk berdoa ini berdasarkan proses Allah menciptakan Nabi Adam 'alaihissalam di surga.

Allah menciptakan Nabi Adam pada saat jam-jam terakhir di Hari Jumat. Waktu berdoa paling mustajab itu akhir-akhir Jumat, karena saat itu Allah menciptakan Nabi Adam.

Baca Juga: Ngaji Gus Baha Terbaru: Tipu Daya Duniawi, Melupakan Akhirat

Berikut Video Ngaji Gus Baha Disiarkan Channel Kajian Islam Rabu, 17 Maret 2021:
(rhs)
cover top ayah
وَلَا تَمُدَّنَّ عَيۡنَيۡكَ اِلٰى مَا مَتَّعۡنَا بِهٖۤ اَزۡوَاجًا مِّنۡهُمۡ زَهۡرَةَ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا لِنَفۡتِنَهُمۡ فِيۡهِ‌ ؕ وَرِزۡقُ رَبِّكَ خَيۡرٌ وَّاَبۡقٰى
Dan janganlah engkau tujukan pandangan matamu kepada kenikmatan yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan dari mereka, (sebagai) bunga kehidupan dunia agar Kami uji mereka dengan (kesenangan) itu. Karunia Tuhanmu lebih baik dan lebih kekal.

(QS. Taha:131)
cover bottom ayah
preload video