Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Waktunya Keliru

Senin, 01 Juni 2020 - 08:16 WIB
loading...
Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Waktunya Keliru
Saudagar itu tak dapat menahan diri dan berseru, tetapi, kenapa yang Mulia tidak menjadikan hamba, raja, sejak pertama kali hamba datang menghadap. Foto/Ilustrasi/Ist?
A A A
PADA zaman dahulu, ada seorang saudagar kaya yang tinggal di Baghdad . Ia mempunyai sebuah rumah besar, tanah yang luas dan sempit, dan puluhan kapal yang berlayar ke Hindia mengangkut berbagai muatan berharga. Ia telah mendapatkan kekayaan tersebut lewat warisan, kerja keras, keberuntungan, dan juga atas nasihat baik dan petunjuk dari Raja Negeri Barat, demikianlah Sultan Cordoba disebut pada masa itu.

Kemudian, masalah terjadi. Seorang penindas lalim merampas tanah dan rumah-rumah miliknya. Kapal-kapalnya yang sedang berlayar ke Hindia dihempas badai; bencana menimpa keluarganya dan rumahnya yang besar itu. Bahkan, teman-teman terdekatnya tampak kehilangan kuasa untuk tetap menjalin hubungan yang serasi dengannya, meskipun ia dan teman-temannya itu ingin membangun hubungan silaturahmi yang baik.



Saudagar itu pun memutuskan untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol menemui bekas penasihatnya, dan berkelanalah ia melintasi Padang Pasir Barat. Selama dalam perjalanan, peristiwa demi peristiwa terjadi atasnya.

Keledainya mati, ia di tangkap oleh para penyamun dan dijual sebagai budak, namun berhasil melarikan diri dengan susah payah; wajahnya terbakar matahari sampai melegam seperti kulit binatang; penduduk yang kasar mengusirnya pergi dari depan pintu rumah mereka.

Di berbagai tempat ada saja seorang darwis yang memberinya sepotong roti dan kain untuk dikenakan. Kadang-kadang, ia bisa meneguk beberapa teguk air segar dari sebuah kolam, namun lebih sering didapatnya air payau.

Akhirnya, sampailah ia di pintu gerbang istana Raja Negeri Barat.

Di sana pun ia menghadapi kesulitan terbesar untuk bisa masuk ke istana. Para pengawal mendorongnya pergi menggunakan pangkal tombak, sebab pengurus istana menolak menemuinya. Ia terpaksa bekerja sebagai seorang pegawai kecil di istana sampai uang simpanannya cukup untuk membeli setelan pakaian yang layak dipakai ketika mendaftar pada Pengurus Rumah Tangga Kerajaan agar diperbolehkan menghadap Yang Mulia Raja.



Tetapi, orang itu mengenang kedekatannya dengan Sang Raja, dan ingatan tentang kebaikan Sultan padanya sekian waktu lampau masih membekas dalam pikiramya. Namun, karena ia telah begitu lama berada dalam keadaan miskin dan susah, tata kramanya telah pudar, dan Pengurus Istana memutuskan bahwa orang itu harus mempelajari kembali cara perilaku dan penguasaan diri sebelum diperbolehkan menemui Sang Raja.

Segala hambatan tersebut dilalui oleh Saudagar itu sampai tiga tahun semenjak kepergiannya dari Baghdad, ia diperkenankan memasuki aula kerajaan.

Sang Raja pun langsung mengenali Si Saudagar, lalu menanyakan hal ikhwalnya, dan memintanya duduk di kursi kehormatan di sebelah Raja.

"Yang Mulia," kata saudagar itu, "hamba telah sangat menderita selama beberapa tahun terakhir ini. Tanah hamba dirampas, harta warisan hamba diambil-alih, kapal-kapal hamba karam membawa serta segala kekayaan hamba. Tiga tahun lamanya hamba berjuang menghadapi kelaparan, penggarong, padang pasir, orang-orang yang bahasanya tidak hamba pahami. Dan sekarang, inilah hamba, berserah diri pada belas kasihan Yang Mulia."



Sultan pun berkata kepada pengurus istana, "Beri ia seratus ekor domba, jadikan ia seorang Gembala Kerajaan, lalu suruh ia ke gunung di sana, dan biarkan ia melakukan pekerjaannya."

Meskipun agak kecewa karena kemurahan hati raja kurang dari yang ia harapkan, saudagar itu pun undur diri setelah mengucapkan salam.

Tidak lama setelah ia mencapai padang rumput yang diberikan raja, suatu wabah menyerang domba-dombanya, dan mereka semua mati. Ia pun kembali ke istana.

"Bagaimana domba-dombamu?" tanya Raja.

"Yang Mulia, semua domba itu mati segera sesudah hamba membawa mereka ke padang rumput tersebut."

Sang Raja pun memberi isyarat dan berkata, "Beri orang ini lima puluh ekor domba, dan biarkan ia memeliharanya sampai ada perintahku selanjutnya!"
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)