Kumpulan Artikel: Cinta Dan Sufi

  • 3 Pintu Lemari di Hari Kebangkitan, Pintu Kedua Gelap Pekat
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 09:02 WIB
    Al-Ghazali mengatakan pada Hari Kebangkitan seseorang akan mendapati seluruh jam-jam hidupnya terjajar seperti satu deret lemari perbendaharaan. Pintu salah satu lemari itu akan terbuka dan akan tampak penuh dengan cahaya.
  • Musyahadah Cinta Gus Sastro: Seni Mencintai dan Bertauhid kepada Sang Pencipta
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 04:50 WIB
    Sekretaris PP Pagar Nusa Sastro Adi, musisi sekaligus aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU menyebut, musyahadah cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya. Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah. sesungguhnya,
  • Syair Cinta Rumi: Nubuat Nabi tentang Pembunuhan Ali bin Abu Thalib
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 14:37 WIB
    Jalalaludin Rumi dalam bukunya berjudul Masnavi berkisah, Nabi berkata di telinga pemegang sanggurdi Amirul Mukminin Ali: Ali akan dibunuh oleh tanganmu, aku bersumpah kepadamu!
  • Penyebab Kesalahpahaman dalam Pemakaian Istilah Ana al-Haqq
    Hikmah
    Minggu, 09 Agustus 2020 - 09:48 WIB
    Seorang sufi tidak membutuhkan pengalaman fisik tertentu, sebab perkembangannya telah menyulih suatu kemampuan menjadi lebih logis, pengalaman yang lebih bermutu.
  • Tradisi Alkimia Masuk ke Barat Melalui Sumber-Sumber Arab
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:34 WIB
    Ihya mengandung penjelasan-penjelasan yang sangat penting dengan cinta ideal sufi. Adapun perumpamaan manusia dengan sesamanya atau dengan makhluk seringkali digunakan.
  • Cinta Kepada Allah, Ibrahim: Wahai Izrail, Ambillah Nyawaku (1)
    Tausyiah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Mereka telah mendefinisikan kecintaan kepada Allah sebagai sekadar ketaatan belaka. Orang-orang yang berpendapat demikian sesungguhnya tidak tahu apakah agama itu sebenarnya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Waktunya Keliru
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 08:16 WIB
    Sultan pun berkata kepada pengurus istana, beri ia seratus ekor domba, jadikan ia gembala kerajaan, lalu suruh ke gunung dan biarkan ia melakukan pekerjaannya.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Cara Mendapat Pengetahuan
    Hikmah
    Minggu, 31 Mei 2020 - 14:05 WIB
    Kisah ini diambil dari tradisi lisan para Darwis Badakhshan, dan dikarang oleh Khwaja Muhammad Baba Samasi. Ia adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.
  • Najamudin Kubra dan Orang yang Mudah Naik Darah
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 15:35 WIB
    Orang yang baru saja terbunuh itu seorang pembunuh ia sedang dalam perjalanan untuk kejahatan yang paling mengerikan selama perjalanan hidupnya.
  • Lolos Dari Maut, Abu Nawas Mengolah Ladang dari Dalam Penjara
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 02:47 WIB
    Seperti biasa Abu Nawas tidak bisa tidur dan tidak enak makan, la hanya makan sedikit. Sudah dua hari ia meringkuk di dalam penjara. Wajahnya murung.
  • Kisah Sufi Mojud: Orang yang Hidupnya Tak Terpahami
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 15:01 WIB
    Kisah ini penting dalam menjelaskan kepercayaan sufi bahwa dunia tak kasat mata selalu menembus kenyataan sehari-hari, pada setiap saat, di berbagai tempat.
  • Peti Kuno Nuri Bey, Menutup Kisah Perselingkuhan?
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 14:54 WIB
    Istri Tuan berkelakuan mencurigakan.Ia berada di kamarnya dengan sebuah peti besar, cukup besar untuk menyimpan orang. Peti itu dulu milik kakek Tuan.
  • Idries Shah Tentang Kisah Raksasa dan Sufi
    Hikmah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Seorang ahli sufi yang sedang mengadakan perjalanan lewat sebuah perbukitan yang terpencil tiba-tiba berhadapan dengan raksasa yang akan menghancurkannya.
  • Kisah Sufi: Sultan yang Menjadi Orang Buangan
    Hikmah
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 04:20 WIB
    Syaikh meminta Sultan memasukkan kepalanya dalam air sesaat saja. Segera setelah Sultan melakukan itu, ia merasa berada di sebuah pantai yang sepi.
  • Kisah Sufi: Bukti Cinta Pada Nabi
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 14:44 WIB
    Ketika tiba giliran lelaki itu Rasulullah saw mengusirnya dan menyuruhnya pergi. Lelaki itu berteriak, Ya Rasulullah, aku ini umatmu yang mencintaimu juga.
  • Fabel Jalaluddin Rumi: Burung India
    Hikmah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 02:40 WIB
    Burung itu meminta kebebasannya, tetapi ditolak. Karena itu ia minta saudagar itu pergi ke hutan di India, lalu mengabarkan tentang keadaannya kepada burung-burung lain.
  • Abu Yazid Berkisah: Dengan Tatapan yang Pasti Aku Memandang Allah
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 10:16 WIB
    Setelah menatap Allah akupun memandang diriku sendiri dan merenungi rahasia serta hakekat diri ini. Cahaya diriku adalah kegelapan jika dibandingkan dengan Cahaya-Nya.
  • Kisah Abu Yazid Al-Busthami, Anaknya, dan Seekor Unta
    Hikmah
    Selasa, 28 April 2020 - 03:58 WIB
    Lukman berkata pada anaknya, catat itu wahai anakku. Kalau engkau menuruti omongan orang-orang, maka tidak akan pemah benar. Maka kuatkanlah keyakinanmu.
  • Abu Yazid Al-Busthami Merasa Seperti Perempuan yang Sedang Haid
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 03:10 WIB
    Abu Yazid melihat betapa guru yang termasyhur itu meludah ke arah kota Mekkah. Dia mengartikan itu sebagai menghina Kota Suci. Kontan saja ia memutar langkahnya.
  • Cara Belajar Khusuk Abu Yazid Al-Busthami
    Hikmah
    Sabtu, 25 April 2020 - 15:02 WIB
    Abu Yazid tak peduli dengan apa yang ada di sekitarnya ketika ia belajar. Aku tidak datang ke sini untuk melihat segala sesuatu yang ada di sini, kata Abu Yazid pada gurunya.