Peristiwa Penting di Bulan Shafar yang Patut Diketahui

loading...
Peristiwa Penting di Bulan Shafar yang Patut Diketahui
Salah satu peristiwa di bukan Shafar adalah Hijrahnya Nabi shallallahu alaihi wasallam dari Makkah dan Madinah. Foto/dok SINDOnews
Hari ini kita memasuki pertengahan bulan Shafar 1443 Hijriyah tepatnya tanggal 14 Shafar (21/9/2021). Shafar dikenal sebagai bulan yang di dalamnya banyak peperangan pada masa kehidupan Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

Selain dikenal bulan peperangan, ada beberapa peristiwa penting di bulan Shafar yang patut diketahui kaum muslimin. Adapun anggapan Shafar sebagai bulan penuh sial itu merupakan anggapan yang keliru. Justru Shafar harus dijadikan sebagai bulan untuk menguatkan iman.

Baca Juga: 9 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Shafar

Dahulu orang Arab Jahiliyah melakukan kemungkaran besar di bulan Shafar. Mereka menjadikan bulan Shafar pengganti dari bulan Muharam. Ini sebagaimana Hadis Shahih dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata:

كانوا يرون أن العمرة في أشهر الحج من أفجر الفجور في الأرض ، ويجعلون المحرَّم صفراً ، ويقولون : إذا برأ الدَّبر ، وعفا الأثر ، وانسلخ صفر : حلَّت العمرة لمن اعتمر (رواه البخاري، رقم 1489 ومسلم، رقم 1240)

"Mereka dahulu berpendapat bahwa umrah di bulan Haji kedurhakaan paling besar di muka bumi. Mereka menjadikan Muharam sebagai bulan Shafar. Mereka mengatakan: Jika unta jamaah haji telah kembali, bekas-bekas tapak kakinya telah hilang, bulan Shafar telah habis, maka dihalalkan umrah bagi yang ingin menunaikan umrah." (HR. Al-Bukhari, Muslim)

Bulan Shafar yang dikenal dengan sikap pesimisnya orang Arab. Mereka menganggap Shafar adalah bulan kesialan. Padahal waktu tidak berpengaruh dengan takdir Allah 'Azza wa Jalla. Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengingatkan kita untuk tetap bertawakkal kepada Allah.

Peristiwa Penting di Bulan Shafar
Habib Abu Bakar Al-'Adni menyebutkan, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melakukan tradisi-tradisi yang baik dibulan Shafar guna menggugurkan anggapan negatif orang-orang pada masa jahiliyah. Di antara tradisi baik yaitu:

1. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menikahkan Sayyidah Fatimah radhiyallahu 'anha dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu pada bulan Shafar di Tahun ke-2 Hijriyah.

2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mulai melakukan Hijrah dari Makkah ke Madinah pada bulan Shafar. Beliau tiba di Madinah pada bulan Rabiul Awal.

3. Perang pertama dalam Islam (perang Abwa) terjadi di bulan Shafar.

4. Peristiwa Mata Air Roji' terjadi di bulan Shafar Tahun ke-3 Hijriyah.

5. Perang Bi'r Ma'unah (peristiwa Sumur Maunah) terjadi di bulan Shafar Tahun ke-4 Hijriyah.

6. Penaklukan kaum Yahudi di Perang Khaibar. Perang ini terjadi di oasis Khaibar, sekitar 150 Km dari Madinah atau sejauh tiga hari perjalanan dari Madinah.

7. Pengepungan Khats'am. Peristiwa ini terjadi di bulan Shafar Tahun ke-9 Hijriyah.

8. Masuk Islamnya Bani Udzrah.

Baca Juga: Diturunkannya 320.000 Bala di Bulan Ini, Mitos atau Nyata?
(rhs)
cover top ayah
يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَتَّخِذُوۡۤا اٰبَآءَكُمۡ وَاِخۡوَانَـكُمۡ اَوۡلِيَآءَ اِنِ اسۡتَحَبُّوا الۡـكُفۡرَ عَلَى الۡاِيۡمَانِ‌ ؕ وَمَنۡ يَّتَوَلَّهُمۡ مِّنۡكُمۡ فَاُولٰۤٮِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu jadikan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu sebagai pelindung, jika mereka lebih menyukai kekafiran daripada keimanan. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka pelindung, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.

(QS. At-Taubah:23)
cover bottom ayah
preload video