Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Jadwal Pelaksanaannya di Bulan Oktober Ini

loading...
Niat Puasa Ayyamul Bidh dan Jadwal Pelaksanaannya di Bulan Oktober Ini
Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah yang jatuh setiap tanggal 13,14 dan 15 hijriah setiap bulannya. Foto ilustrasi/ist
Puasa ayyamul bidh adalah puasa sunnah yang jatuh setiap tanggal 13,14 dan 15 hijriah setiap bulannya. Berikut niat puasa ayyamul bidh beserta waktu pelaksanaannya di bulan Oktober 2021 ini.

Bacaan niat puasa ayyamul bidh:

َوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA AYYAMI BIDH SUNNATAN LILLAHI TA’ALA

“Saya niat puasa pada hari-hari putih sunnah karena Allah ta’ala.”

Baca juga: Bertepatan Hari Tasyrik, Begini Cara Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Dzulhijjah

Sedangkan jadwal pelaksanaannya menurut Kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di bulan Oktober 2021 Masehi (M) atau bertepatan dengan bulan Rabiul Awal 1443 Hijriyah (H), jatuh pada:

- 13 Rabiul Awal 1443 H atau pada 20 Oktober 2021
- 14 Rabiul Awal 1443 H atau pada 21 Oktober 2021
- 15 Rabiul Awal 1443 H atau 22 Oktober 2021

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh diartikan sebagai puasa pada 3 hari bulan bersinar terang, sehingga malam tampak bercahaya.
Dilansir dalam kitab 'Umdatul Qari`Syarhu Shahihil Bukhari dijelaskan bahwa sebab dinamai Ayyamul Bidh terkait dengan kisah Nabi Adam alaihissalam ketika diturunkan ke muka bumi.

Baca juga: Inilah Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Istidraj

Ketika Nabi Adam diturunkan ke bumi seluruh tubuhnya terbakar oleh matahari sehingga menjadi hitam. Kemudian Allah memberikan wahyu untuk berpuasa selama tiga hari yaitu tanggal 13, 14, 15. Ketika hari pertama puasa, sepertiga badannya menjadi putih. Hari kedua, sepertiganya menjadi putih dan hari ketiga, sepertiga sisanya menjadi putih.

Menurut salah satu hadis, puasa ini sama halnya dengan melaksanakan puasa sepanjang tahun. “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR Bukhari nomor 1979).

Adapun anjuran untuk melaksanakan puasa tersebut adalah sebagai berikut: Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya,

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi dan An Nasai. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadisnya hasan).

Baca juga: Muhasabah Hati untuk Menghilangkan Penyakit Hati

Wallahu A'lam
(wid)
cover top ayah
وَقَدۡ نَزَّلَ عَلَيۡكُمۡ فِى الۡـكِتٰبِ اَنۡ اِذَا سَمِعۡتُمۡ اٰيٰتِ اللّٰهِ يُكۡفَرُ بِهَا وَيُسۡتَهۡزَاُبِهَا فَلَا تَقۡعُدُوۡا مَعَهُمۡ حَتّٰى يَخُوۡضُوۡا فِىۡ حَدِيۡثٍ غَيۡرِهٖۤ‌ ‌ ۖ اِنَّكُمۡ اِذًا مِّثۡلُهُمۡ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ جَامِعُ‌‌‌الۡمُنٰفِقِيۡنَ وَالۡكٰفِرِيۡنَ فِىۡ جَهَـنَّمَ جَمِيۡعَا
Dan sungguh, Allah telah menurunkan (ketentuan) bagimu di dalam Kitab (Al-Qur'an) bahwa apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah diingkari dan diperolok-olokkan (oleh orang-orang kafir), maka janganlah kamu duduk bersama mereka, sebelum mereka memasuki pembicaraan yang lain. Karena (kalau tetap duduk dengan mereka), tentulah kamu serupa dengan mereka. Sungguh, Allah akan mengumpulkan semua orang-orang munafik dan orang-orang kafir di neraka Jahanam,

(QS. An-Nisa:140)
cover bottom ayah
preload video