Doa Masuk Tempat Angker, Insya Allah Aman dari Gangguan

loading...
Doa Masuk Tempat Angker, Insya Allah Aman dari Gangguan
Siapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan Audzu bi Kalimaatillahit Taammaati min Syarri maa Kholaq maka tidak ada yang membahayakannya. Foto/Ist
Doa masuk tempat angker perlu diketahui kaum muslimin manakala melewati atau memasuki rumah/tempat menyeramkan. Tempat angker identik dengan suasana yang tidak nyaman, mengerikan dan sering bikin merinding.

Tempat angker biasanya ditemui di rumah yang sudah lama tidak ditempati, bangunan-bangunan yang ditinggal pemiliknya, jalanan yang menyimpan cerita mistis dan lainnya. Tempat angker sering dihuni oleh makhluk halus.

Agar dilindungi dari bahaya dan gangguan makluk-Nya, ada baiknya kita membaca doa ini ketika memasuki tempat angker. Berikut doa masuk tempat angker:

1. Membaca Doa Perlindungan
Dari Khaulah binti Hakim As-Sulamiyyah berkata bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa yang singgah di suatu tempat lantas ia mengucapkan "A'udzu bi Kalimaatillahit Taammaati min Syarri maa Kholaq" (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya), maka tidak ada sama sekali yang dapat memudhorotkannya sampai ia berpindah dari tempat tersebut." (HR Muslim)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'udzu bi Kalimaatillahit Taammaati min Syarri maa Kholaq

Artinya:
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.

2. Membaca Doa Ini Jika Berjalan di Tempat Gelap

يَا اَرْضَ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ اَعُوْذُبِااللهِ مِنْ شَرِّكَ وَمِنْ شَرِّمَافِيْكَ وَشَرِّمَا خُلِقَ فِيْكَ وَشَرِّمَايَدُبُّ عَلَيْكَ اَعُوْذُبِكَ مِنْ اَسَدٍ وَاَسْوَدَ مِنَ الْحَيَّةِ وَالْعَقْرَبِ وَمِنْ سَاكِنِ الْبَلَدِ وَمِنْ وَالَدٍ وَمَا وَلَدَ

Ya ardha Rabbi wa Rabbukallahu a'udzu Billaahi min Syarrika wa min Syari ma fika wa syarri ma Khuliqa fika wa syarri ma Yadubbu 'alaika a'udzu bika min Asadin wa Aswada minal hayyati wal 'qrabi wa min Sakinil Baladi wa min walidin wa ma Walad.

Artinya:
Wahai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari keburukanmu, dari keburukan yang terdapat padamu, dari keburukan segala sesuatu yang diciptakan padamu, dari keburukan makhluk yang merayap padamu, dan aku berlindung kepadamu dari kebuasan singa, ular hitam, kalajengking, dari penduduk negeri dan dari kalangan makhluk manusia dan jin dan keturunannya." (HR Abu Daud, an-Nasa'i dan Imam Hakim)

3. Doa Nabi Ketika Mengusir Jin Ifrit
Doa ini diajarkan langsung oleh Malaikat Jibril kepada Baginda Nabi yang saat Isra Miraj. Ketika itu Nabi diincar Jin Ifrit dengan membawa api. Lalu Jibril berkata, bacalah:

أَعُوذُ بِوَجْهِ اللهِ الكَرِيمِ وَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّات الَّتِي لاَ يُجَاوِزُ هُنَّ بَرٌّ و لا فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاء وَ مِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيهَا وَ مِنْ شَرِّ ما ذَرَأَ فِي الأَرْضِ وَ مِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَ مِنْ فِتَنِ الَّليْلِ وَ النَّهَارِ وَ مِنْ طَوَارِقِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ إِلاَّ طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَن

A'udzu biwajhillahil Kariimi wa bikalimaatillahit Tammaat Allatii Laa yujaawizu Hunna barru wa Laa Faajirun min syarri Ma yanzilu minassamaai wa min syarri ma ya'ruju fiiha wa minsyarri ma dzaro fil ardhi wa min syarri ma yakhruju minha wa min fitanil laili wannahari wa min thowaariqil laili wannahaari illa thoriqon yathruqu bikhoirin Ya Rohman.

Artinya:
Aku berlindung dengan kemuliaan Allah Yang Maha Dermawan dan dengan firman-firman Allah yang sempurna yang tidak bisa ditembus oleh orang baik maupun orang jahat, dari keburukan yang turun dari langit, dan dari keburukan yang naik ke langit, dan dari keburukan makhluk yang ada di bumi, dan dari keburukan yang keluar dari bumi, dan dari fitnah siang dan malam, dan dari kejadian yang datang tiba-tiba di siang dan malam, kecuali sesuatu kejadian yang datang membawa kebaikan, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih.

Baca Juga: Doa Melihat Hantu dan Mengusir Setan
(rhs)
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ جَآءَكُمۡ فَاسِقٌ ۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوۡۤا اَنۡ تُصِيۡبُوۡا قَوۡمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصۡبِحُوۡا عَلٰى مَا فَعَلۡتُمۡ نٰدِمِيۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

(QS. Al-Hujurat:6)
cover bottom ayah
preload video