Gus Baha: 6 Kunci Membuka Surga Sekaligus Menangkal Neraka

loading...
Gus Baha: 6 Kunci Membuka Surga Sekaligus Menangkal Neraka
Ulama ahli tafsir Quran Gus Baha menjelaskan enam kunci untuk membuka surga. Foto/Ist
Ulama ahli tafsir Qur'an Gus Baha menjelaskan enam kunci membuka surga sekaligus menangkal neraka. Orang yang melakukan enam hal ini tidak perlu lagi mencari-cari jalan agar masuk surga.

Baca Juga: Rasulullah Tertawa Saat Menceritakan Orang Terakhir Masuk Surga

Ulama asal Rembang bernama asli KH Ahmad Bahauddin Nursalim ini menjelaskan hal ini ketika membahas Kitab Nashaihul 'Ibad Makalah 4-7 (Bab-VI) dalam satu kajiannya bersama santri. Berikut penjelasan Gus Baha dilansir dari portal Islam iqra.id:

Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata: "Barang siapa mengumpulkan enam perkara, maka ia tidak perlu mencari-cari jalan masuk surga. Dan tidak perlu mencari cara menghindar dari neraka."

Artinya, dia sudah memenuhi kualifikasi masuk surga. Apabila kamu melakukan enam hal ini, maka berarti kamu mendapatkan kunci masuk surga dan mengunci dari neraka. Jadi tidak ada jalan neraka untuk kamu, karena semuanya terkunci.

Ada enam hal yang menjadikan kamu masuk surga. Jadi, ketika kamu lewat neraka ini ditutup dan surga dibuka. Jadi akan masuk (neraka) tidak bisa karena ditutup.

Saya ajari triknya, jangan lewat ketika neraka buka. Jadi, harus punya مفاتح الجنة ومغالق النار. Jadi, kita punya kunci untuk surga, juga memiliki kunci untuk menutup neraka. Kan mesti lewat neraka. Apa menurutmu ke surga tidak lewat neraka? Bahaya kalau lewat pas neraka terbuka.

Pertama, kita harus Ma'rifatullah. Bahwa Allah adalah Dzat yang super bagi kita, karena Dia adalah pencipta kita, Dia adalah pemberi rezeki kita, dan Dia yang menghidupi kita.

Pokoknya ta'alluq kepada Allah luar biasa. Setiap saat kita harus ingat, bahwa yang terpenting hidup kita adalah Allah. Jangan hanya ingat duit di ATM saja, pokoknya ingat Allah. Setelah mengenal Allah, maka kemudian taat kepada Allah.

Kedua, mengenal setan. Dia kenal setan kemudian menjauhi perintah setan. Bukannya kenal setan tapi malah akrab dengannya!

Ketiga, mengerti bahwa Akhirat adalah دَارُ اْلبَقَاءِ, yaitu rumah keabadian. Maka ia akan mencari akhirat dengan cara menyediakan sangu (bekal) untuk ke akhirat.

Keempat, mengerti bahwa dunia adalah rusak (fana'). Dunia itu دَارُ اْلمَمَرِّ, yaitu hanya tempat lewat saja. Setelah mengerti dunia hanya tempat lewat, maka kemudian ia membuang dunia kecuali bekal sekedarnya untuk menuju akhirat.

Kelima, mengerti kaidah hukum yang benar. Setelah mengerti, maka ia mengikuti serta mengamalkannya.

Keenam, mengerti barang bathil. Maksudnya barang yang tidak benar kemudian menjauhinya. Maksud dari barang batil adalah bukan barang sahih (benar).

Pegang ya, punya enam hal yang menyebabkan surga dibuka dan neraka ditutup. Harus Yaqin dan Ainul Yaqin. Kepingin saya itu ketika lewat (neraka) pas tutup. Jangan sampai kamu lewat ketika (neraka) buka. Misalnya pas bukaan ya kamu lewat sambil terbang agar melewati. Ruwet kalau sudah melewati (neraka).

Baca Juga: Gus Baha: Waktu Mustajab untuk Berdoa Bukan Tengah Malam

Berikut Ceramah Gus Baha Diunggah Channel Santri Gayeng 25 September 2020:
(rhs)
cover top ayah
قَالَا رَبَّنَا ظَلَمۡنَاۤ اَنۡفُسَنَا وَاِنۡ لَّمۡ تَغۡفِرۡ لَـنَا وَتَرۡحَمۡنَا لَـنَكُوۡنَنَّ مِنَ الۡخٰسِرِيۡنَ
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

(QS. Al-A’raf:23)
cover bottom ayah
preload video