Surah Ghafir Atau Al-Mu'min: Bikin Dagangan Laris dan Penyembuh Penyakit

loading...
Surah Ghafir Atau Al-Mumin: Bikin Dagangan Laris dan Penyembuh Penyakit
Surah Ghafir adalah surah ke-40 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri atas 85 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah. (Foto/Ilustrasi:Dok. SINDOnews)
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya yang berjudul Khazanah Al-Asrar memberikan resep tentang keistimewaan Surat Ghafir atau Surat Al-Mu'min atau At-Tawl atau Zit Tawl. "Barangsiapa yang menulisnya di malam hari dan meletakkan di tokonya maka perdagangannya akan laris," ujarnya.

Selanjutnya, barangsiapa meletakkannya di kebunnya maka akan banyak buahnya. "Dan jika dibawa oleh orang yang mempunyai penyakit maka dia akan sembuh dengan izin Allah SWT," terangnya.

Baca juga: Surat Fathir: Rezeki Lancar, Dagangan Laris Manis

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mu'min), maka Allah tidak akan memutuskan harapannya nanti di hari kiamat. Dia akan memberikan karunia yang diberikan kepada orang-orang yang takut kepada Allah di dunia. Dan barangsiapa yang menuliskannya lalu menggantungkannya di tembok kebun, maka kebun itu akan tumbuh subur (tentunya atas izin Allah), dan jika ditulis di kedai atau toko, maka ia akan dipenuhi kebaikan dan kebanyakan transaksi jual beli." (Tafsirul Burhan, Juz7: 5)

Pengampunan Allah SWT
Selanjutnya, dengan membaca surat ini maka Allah akan memberi pengampunan. Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca ha mim Al-Mu'min (Ghafir) di setiap malam, maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya, baik yang lalu maupun yang akan datang. Dia akan meneguhkan kalimat takwa (di dalam hatinya), dan menjadikan akhirat lebih baik untuknya daripada dunia." (Tsawabul A'mal: 142)

Faedah lainnya adalah meringankan dan mengobati mata. Adapun caranya yaitu dengan membaca dari surat Al-Mu'min ayat 44 di hadapan orang yang sakit mata, namun lebih bagus lagi jika yang menderita sakit mata sendirilah yang membacanya. InsyaAllah akan memberikan kesembuhan. Berikut bacaannya:

فَسَتَذۡكُرُوۡنَ مَاۤ اَقُوۡلُ لَـكُمۡؕ وَاُفَوِّضُ اَمۡرِىۡۤ اِلَى اللّٰهِؕ اِنَّ اللّٰهَ بَصِيۡرٌۢ بِالۡعِبَادِ

Fasatazkuruuna maaa aquulu lakum; wa ufawwidu amriii ilal laah; innallaaha basiirum bil'ibaad

Maka kelak kamu akan ingat kepada apa yang kukatakan kepadamu. Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya." ( QS Ghofir : 44 )

Baca juga: 8 Pintu Rezeki yang Diberikan Allah Ta'ala untuk HambaNya

Tiga Nama
Surah ini memiliki 3 nama. Selain Ghafir, nama yang sering digunakan adalah Al-Mu'min. Sedangkan satu nama lainnya adalah At-Tawl atau Zit Tawl. Ketiga nama surah ini merupakan nama resmi dan memiliki kaitan dengan surah ini.

Nama Ghafir diambil dari ayat ke-3 surah ini yang di dalamnya terdapat kata Ghafir. Kata Ghafir juga merupakan salah satu nama Allah yang artinya "Mengampuni".

Nama Al-Mu'min diperoleh dari hadits Nabi Muhammad yang menyebutnya sebagai surah Ha Mim Al-Mu'min dengan diawali huruf Ha Mim. Hal ini digunakan untuk membedakannya dengan surah lain yang dimulai dengan ayat Mutasyabihat Ha Mim.

Selain itu, kata Al-Mu'min yang berarti "Laki-Laki Yang Beriman" merujuk pada kisah seorang laki-laki beriman yang terdapat dalam ayat 28 surah ini.

Ia merupakan pengikut Fir'aun dan seorang Qibti. Namun, ia menyembunyikan keimanannya. Hingga suatu hari ia menerima dakwah Musa dan membelanya.

Orang ini dijelaskan Al-Quran sebagai orang yang membela dakwah. Ada beberapa pendapat mengenai siapa nama orang ini. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, ia adalah "Habib". At-Tabari berpendapat bahwa ia adalah "Khair". Sedangkan Ibnu Abbas berpendapat bahwa ia adalah "Hazbil" atau "Hazfil". Dan ada juga yang menyebutnya "Syam'an".

Sedangkan nama At-Tawl juga diambil dari ayat ke-3 dari kata Zit Tawl yang terdapat di akhir ayat. At-Tawl memiliki arti "Mempunyai Karunia Yang Tidak Putus."

Surah Ghafir adalah surah ke-40 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 85 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini diturunkan setelah surah Az-Zumar.

Baca juga: Amalkan Ini Saat Masuk Rumah, Rezekimu Mengalir Sampai Tetangga
(mhy)
cover top ayah
قُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَغُـضُّوۡا مِنۡ اَبۡصَارِهِمۡ وَيَحۡفَظُوۡا فُرُوۡجَهُمۡ‌ ؕ ذٰ لِكَ اَزۡكٰى لَهُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا يَصۡنَـعُوۡنَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

(QS. An-Nur:30)
cover bottom ayah
preload video