Iblis Golongan Malaikat yang Membangkang, Apa Jin yang Durhaka?

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:05 WIB
loading...
A A A
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim.

Jika iblis termasuk golongan malaikat, dia tidak akan mungkin bermaksiat kepada Allah ketika diperintahkan untuk sujud kepada Adam. Karena Allah berfirman tentang sifat malaikat. “Mereka tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkannya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” ( QS At-Tahrim: 6 )

Allah mengabarkan bahwa iblis memiliki generasi dan keturunan. Firman Allah: “Patutkan kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu?” (QS Al-Kahfi: 50)

Iblis dan keturunannya berkembang biak sebagaimana Bani Adam. Al Hasan berkata, “Mereka makan dan minum, sedangkan malaikat tidak berkembang biak, tidak makan dan tidak minum. Hal ini membuktikan bahwa iblis merupakan golongan jin bukan golongan malaikat.”

Allah memberitahukan bahwa Dia menciptakan iblis dari api, dan Allah tidak pernah memberitahukan bahwa Dia juga menciptakan malaikat dari api.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari sepotong api, dan Adam diciptakan dari materi yang telah diberitahukan padamu (tanah).”

Dalam Al-Quran telah dijelaskan melalui lisan iblis, bahwa hal yang mendorongnya enggan sujud kepada Adam adalah karena dia diciptakan dari api, sedangkan Adam diciptakan dari tanah. Allah berfirman:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِى مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُۥ مِن طِينٍ


Apakah yang menghalangi iblis untuk bersujud adalah prasangka buruknya bahwa api itu lebih baik dari pada tanah. Baginya, makhluk yang diciptakan dari api lebih mulia dari makhluk yang diciptakan dari tanah.” ( QS Al-A’raf : 12 )

Firman Allah SWT:

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا ثُمَّ يَقُولُ لِلْمَلَائِكَةِ أَهَٰؤُلَاءِ إِيَّاكُمْ كَانُوا يَعْبُدُونَ


Dan (ingatlah) hari (yang di waktu itu) Allah mengumpulkan mereka semuanya kemudian Allah berfirman kepada malaikat, ‘Apakah mereka ini dahulu menyembah kamu?’”( QS Saba: 40 )

Ayat ini menjelaskan perbedaan antara jin dan malaikat dan jin berada dalam alam yang berbeda dengan alam malaikat. Jika alam mereka berbeda dengan malaikat maka iblis bukanlah malaikat. Wallahualam

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2965 seconds (0.1#10.140)