Catatan Emas Jihad Laut Daulah Thuluniyah Bendung Serangan Byzantium

Kamis, 04 November 2021 - 11:50 WIB
loading...
A A A
Selain masjid, dibangun juga sebuah bangunan istana bernama Istana Al-Khumarwaihi. Salah satu bagian istana seluruh dindingnya dibangun berlapiskan emas dan dihiasi ukiran yang sangat indah. Istana Al-Khumarwaihi dibangun di tengah-tengah kebun yang sangat indah.



Prestasi lainnya ada pada bidang militer, Dinasti Thulunuyah mempunyai 100.000 prajurit yang sangat terlatih dan cakap dalam berperang. Para pasukan berasal dari wilayah Turki dan budak dari Afrika.

Dinasti Thuluniyah membangun benteng-benteng pertahanan yang sangat kokoh di setiap wilayah kekuasaannya. Pada masa itu juga dibangun banyak irigasi untuk menunjang pertanian yang terletak di lembah Sungai Nil.

Setelah Al-Khumarwaihi wafat, terlihat adanya tanda-tanda kemunduran dari Dinasti Thuluniyah. Hingga pada masa pemerintahan terakhir, di bawah pimpinan Saiban bin Ahmad bin Thulun, muncul banyak sekte keagamaan yang berpusat di Gunung Siria. Kemunculan sekte keagamaan, yang dapat berujung pada pemberontakan itu, tidak dapat dikendalikan oleh Saiban.

Ditambah datangnya serangan dari pasukan Dinasti Abbasiyah untuk menaklukkan Dinasti Thuluniyah. Karena kekuatannya telah melemah, akhirnya Dinasti Thuluniyah berhasil ditaklukkan.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)