Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat

loading...
Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat
MUI juga merkomendasikan agar pelaksanaan salat Jumat dan jamaah perlu tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa sajadah sendiri, wudu dari rumah, dan menjaga jarak aman. FOTO/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 31 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19.

Dalam salah satu poinnya mengenai pelaksanaan salat Jumat, dijelaskan bahwa pada dasarnya salat Jum’at hanya boleh diselenggarakan satu kali di satu masjid pada satu kawasan.

Dan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 maka penyelenggaraan salat Jumat boleh menerapkan physical distancing (jaga jarak) dengan cara perenggangansaf(barisan salat).

"Jika jamaah salat Jum’at tidak dapat tertampung karena adanya penerapanphysical distancingmaka boleh dilakukanta’addud al-jumu’ah(penyelenggaraan salat Jum’at berbilang), dengan menyelenggarakan salat Jum’at di tempat lainnya seperti musala, aula, gedung pertemuan, gedung olahraga, dan stadion," ujar Ketua Komisi Fatwa MUI Prof Dr H Hasanuddin AF dalam keterangan tertulis kepadaSINDOnews, Jumat (5/6/2020).



Baca juga: Masjid Tak Mampu Tampung Jamaah, MUI Beri Opsi Salat Jumat di Musala

Berikutnya, kata Hasanuddin, dalam hal masjid dan tempat lain masih tidak menampung jamaah salat Jum’at dan/atau tidak ada tempat lain untuk pelaksanaan salat Jum’at maka Sidang Komisi Fatwa MUI berbeda pendapat terhadap jamaah yang belum dapat melaksanakan salat Jum’at sebagai berikut:

Pendapat pertama atau poin a, jamaah boleh menyelenggarakan salat Jum’at di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan salat jum’at dengan model shift. "Dan pelaksanaan salat Jum’at dengan model shift hukumnya sah," tuturnya.



Baca juga: MUI: Salat Jumat Dua Gelombang Tidak Sah
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
preload video