Kumpulan Artikel: Fatwa Mui

  • Pemilu: Perbedaan Sikap Ulama dan Fatwa MUI tentang Haramnya Golput
    Hikmah
    Senin, 05 Februari 2024 - 15:49 WIB
    Fatwa tersebut dikeluarkan pada tanggal 25 Januari 2009, ketika Majelis Ulama Indonesia melakukan sidang Ijtima ke-III yang digelar di Padang Panjang, Sumatera Barat.
  • Fatwa MUI tentang Boikot Produk Israel, Ini Tanggapan Buya Yahya
    Dunia Islam
    Selasa, 14 November 2023 - 18:53 WIB
    Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait boikot produk Israel tengah menjadi perbincangan hangat belakangan ini. Setelah munculnya fatwa tersebut, mulai muncul pro dan kontra yang menyertainya.
  • Mengenal Ketua Umum MUI dari Masa ke Masa
    Dunia Islam
    Kamis, 07 September 2023 - 17:10 WIB
    Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari masa ke masa menjadi topik pembahasan menarik untuk diulas. Sepanjang riwayatnya, Majelis Ulama Indonesia telah dipimpin banyak tokoh Tanah Air yang berbeda.
  • Visualisasi Nabi Muhammad SAW, Fatwa MUI: Hukumnya Haram!
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:02 WIB
    Maraknya visualisasi sosok Nabi Muhammad SAW baik dalam bentuk film, karikatur, lukisan, menuai protes keras dari muslim. MUI sendiri telah mengeluarkan fatwa terkait ini.
  • Jakarta Darurat Polusi, LPLH MUI Ajak Umat Islam Jalan Kaki ke Masjid
    Dunia Islam
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:18 WIB
    Terkait memburuknya polusi udara di Jakarta, Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup (LPLH) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan dua rekomendasi sebagai solusi jangka panjang.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Gaduh Promosi Holywings, Ini Fatwa MUI tentang Miras
    Dunia Islam
    Selasa, 28 Juni 2022 - 13:46 WIB
    MUI telah menerbitkan dua fatwa tentang miras masing-masing Fatwa MUI No 11 Tahun 2009 tentang Hukum Alkohol dan Fatwa MUI No 10 Tahun 2018 tentang Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Alkohol/Etanol.
  • Terbitkan Fatwa, MUI Tegaskan Salat Jumat Virtual Tidak Sah
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Mei 2021 - 15:35 WIB
    MUI menyatakan pelaksanaan salat Jumat yang dilakukan secara virtual adalah tidak sah. Ketetapan itu berdasarkan Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2021 tentang Hukum Penyelenggaraan Shalat Jumat Secara Virtual.
  • MUI Keluarkan Fatwa Zakat agar Dimanfaatkan untuk Corona
    Dunia Islam
    Senin, 12 April 2021 - 16:34 WIB
    Ketua Bidang Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, hari ini MUI Fatwa Nomor 24 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan ibadah di bulan Ramadhan.
  • Hukum Merenggangkan Saf dan Pakai Masker Saat Pandemi, Ini Fatwa MUI
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:05 WIB
    Di masa pandemi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap menjaga jarak. Lantas bagaimana hukum merenggangkan saf dalam salat berjamaah di tengah pandemi Covid-19?
  • Sah, Hukum Salat Jum’at Model Shift? MUI Akui Ada Dua Pendapat
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 18:50 WIB
    Di MUI sendiri ada berpndapat jamaah boleh menyelenggarakan salat Jumat di masjid atau tempat lain yang telah melaksanakan salat jumat dengan model shift.
  • MUI Bolehkan Salat Idul Fitri Berjamaah di Rumah Tanpa Khutbah
    Tips
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 08:45 WIB
    Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa mengenai pelaksanaan salat Idul Fitri pada 1 Syawal 1441 H. Salah satu ketentuannya yakni salat Id bisa dilakukan di rumah.
  • Panduan Lengkap Kaifiat Takbir dan Salat Id Berdasar Fatwa MUI
    Tausyiah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 21:48 WIB
    Daerah yang kasus corona terkendali boleh berjamaah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di daerah yang masih rawan diminta salat di rumah.