8 Kiat Menjadi Istri yang Taat

Jum'at, 03 Desember 2021 - 15:30 WIB
loading...
8 Kiat Menjadi Istri yang Taat
Istri yang taat pada suami adalah tiket mudah masuk surga dari pintu mana saja. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Istri saleha yang taat pada suami adalah tiket mudah masuk surga dari pintu mana saja. Namun dalam faktanya, untuk taat kepada suami itu susah-susah gampang. Ada yang terasa ringan untuk dilakukan, tak jarang pula kewajiban itu terasa berat. Mulai dari hal yang besar, bahkan sampai hal yang kecil.

Jaminan surga bagi istri yang taat, ada dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ ”

“Jika seorang wanita menunaikan sholat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad).



Ganjaran surga ini memang butuh pengorbanan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar taat kepada suami tidak terasa berat, di antaranya :

1. Ikhlas

Lakukan karena ikhlas, yaitu karena istri ingin taat pada Allah dengan menaati suami. Dengan ikhlas, yang berat akan terasa ringan.

2. Ingat surga itu mahal

Para syuhada membelinya dengan darah mereka. Namun, seorang istri hanya diperintahkan taat pada suami saja, pintu surga dari mana saja dibukakan untuknya. Sangat mudah bukan?

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad).

3. Dengan taat, istri akan mendapatkan tempat yang istimewa di hati suami

Setiap istri pasti ingin menempati tempat yang spesial di hati suami yang tidak tergantikan dengan yang lain. Ingat dengan keinginan itu, maka taat kepada suami akan terasa ringan

4. Banyak bergaul dengan teman yang memiliki rasa hormat dan taat kepada suami mereka

Teman-teman seperti ini akan mengajarkan kepada kita bagaimana bermuamalah dengan suami. Kita akan merasa malu melihat mereka begitu taat pada suami sementara kita masih suka ngeyel (tidak nurut).



5. Membatasi bergaul teman yang suka mengatur dan membantah suami

Sering kali kesalahan teman menjadi pembenaran untukmelakukan kesalahan yang sama. ”Teman-temanku semua juga begini terhadap suaminya, memang wanita itu seperti ini.”

6. Selalu berdoa supaya Allah Ta'ala memberi taufik kepada kita agar menjadi istri saleha dan taat pada suami

Hormati suami, dengan tidak meninggikan suara di hadapannya, menjadi penyejuk pandangannya, shingga kehadiran istri menjadi bunga bunga penghias kehidupannya yang indah.

7. Jangan membantahnya
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2648 seconds (0.1#10.140)