Cara Cepat Hamil Setelah Haid Menurut Islam

Selasa, 07 Desember 2021 - 16:08 WIB
loading...
Cara Cepat Hamil Setelah Haid Menurut Islam
Dalam Islam tujuan pernikahan selain menghalalkan suatu hubungan juga untuk mendapatkan keturunan yang saleh dan saleha. Foto ilustrasi/ist
A A A
Cara cepat hamil setelah haid menurut Islam tidak dijelaskan secara detail. Namun, syariat menggambarkan bagaimana terbentuknya janin atau calon manusia ini, dalam Al-Qur'an terutama dalam surah Al Mu'minun ayat 12-14.

Allah Ta'ala berfirman:
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ مِنْ سُلالَةٍ مِنْ طِينٍ (12) ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (13) ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik. Kemudian sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat. (Q.S. Al Mu'minun: 12-14)."



Selain ayat di atas, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad. Dikisahkan bahwa ada seorang Yahudi bersua dengan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang sedang berbicara dengan para sahabatnya. Kemudian orang-orang Quraisy berkata,

"Hai orang Yahudi, sesungguhnya orang ini (maksudnya Nabi SAW) mengakui dirinya sebagai seorang nabi. Maka orang Yahudi itu berkata, "Sungguh aku akan menanyainya tentang sesuatu yang tidak diketahui oleh seorang pun kecuali hanya oleh seorang nabi." Orang Yahudi itu datang kepada Nabi Saw. dan duduk di dalam majelisnya, lalu bertanya, "Hai Muhammad, dari apakah manusia diciptakan ?" Maka Nabi SAW menjawab: Hai orang Yahudi, manusia diciptakan dari gabungan antara air mani laki-laki dan air mani perempuan. Air mani laki-laki berbentuk kental, darinya tercipta tulang dan otot-otot; sedangkan air mani perempuan berbentuk encer, darinya tercipta daging dan darah. Maka si Yahudi itu berkata, "Memang demikianlah dikatakan oleh orang-orang (para nabi) sebelum kamu."(HR Ahmad)

Dari dua dalil di atas, ada gambaran bagaimana sebenarnya seorang manusia diciptakan. Dalam Islam sendiri ditegaskan bahwa tujuan pernikahan selain menghalalkan suatu hubungan juga untuk mendapatkan keturunan yang saleh dan saleha .

Secara spesifik, dalam Islam tidak ada cara cepat hamil yang dianjurkan, tetapi ada beberapa cara yang memang disarankan oleh dokter sebagai bentuk ikhtiar. Tentunya saja cara-cara yang disarankan tidak menyalahi aturan syariat. Dirangkum beberapa sumber, berikut cara yang bisa dicoba agar cepat hamil setelah haid ini:

1. Memerhatikan siklus haid

Memahami siklus menstruasi ini dapat membantu pasangan suami istri untuk mengetahui masa subur si calon ibunya. Kebanyakan wanita normal mengalami siklus haid antara 26-31 hari. Sementara itu, masa subur bisa diketahui dari siklus haid dengan cara menghitung rentang waktu hari menstruasi pertama sampai ke masa haid berikutnya. Biasanya masa subur terjadi di waktu 8 hari setelah selesai haid.

2. Menjadwalkan hubungan intim

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, berhubungan intim selama enam hari yang berakhir pada hari ovulasi dapat meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.

3. Cukup tidur

Tidur sebentar atau terlalu lama ketika malam berdampak negatif pada kesuburan. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bila pria terlalu sering bergadang mengurangi pembuahannya.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral penting seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kesuburan. Konsumsi makanan seimbang untuk persiapkan kehamilan, bila asupan makanan tak dijaga akan meningkatkan berat badan dan menyebabkan perubahan fungsi ovarium, sehingga meningkatkan kemungkinan infertilitas.



5. Rutin memakan buah kurma

Mengonsumsi buah kurma diyakini bisa membantu mempercepat kehamilan. Sebab, buah kurma bisa memperbaiki kualitas sel sperma dan sel telur ovum. Rasulullah SAW pernah bersabda pula: Berilah makan kurma muda kepada wanita kalian yang habis melahirkan, jika tidak ada maka kurma masak. Tidak ada suatu pohon pun yang paling dimuliakan oleh Allah selain dari pohon kurma yang menjadi tempat berteduh Maryam binti Imran.

6. Mengurangi stres

Stres psikologis, terutama pada perempuan yang bekerja telah dikaitkan dengan infertilitas. Meningkatnya tingkat stres dapat mengubah pematangan oosit fisiologis dan mengurangi kemungkinan pembuahan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)