Derita 52.000 Wanita Hamil di Gaza: Tidak Ada Dokter, Tak Ada Tempat Tidur

Kamis, 07 Maret 2024 - 19:06 WIB
loading...
Derita 52.000 Wanita Hamil di Gaza: Tidak Ada Dokter, Tak Ada Tempat Tidur
Ada setidaknya 52.000 perempuan Gaza tengah hamil di tengah serangan Israel yang bertubi-tubi. Foto/Ilustrasi: Gulf News
A A A
Asmaa Ahmad melahirkan di tengah malam di sebuah sekolah di Kota Gaza yang tidak ada listrik. Ia terpaksa meninggalkan rumahnya, mengungsi dari pemboman Israel.

Dokter tiba tepat pada waktunya, bekerja dengan menggunakan lampu ponsel dan menjepit tali pusar dengan apa pun yang dapat ditemukan oleh staf medis.

“Saya sangat, sangat takut kehilangan bayi saya,” kata Asmaa, 31 tahun, kepada AFP sebagaimana dikutip Gulf News, menceritakan bagaimana putranya Faraj lahir ke dunia 4 bulan lalu.



Baraa Jaber, perawat yang membantu persalinan, mengaku takut juga. “Saat itu sudah sangat larut dan saat ini pendudukan (Israel) dapat mengebom siapa pun yang bergerak di jalanan,” katanya.

Menjelang Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret, pekerja bantuan dan petugas medis mengatakan sekitar 52.000 wanita hamil di Gaza – menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia – termasuk di antara mereka yang terancam oleh runtuhnya sistem kesehatan di tengah perang yang berkecamuk. Tragisnya, derita mereka tidak berakhir dengan keberhasilan persalinan.

Para ibu yang baru melahirkan menghadapi tantangan berat untuk menjaga bayi tetap hidup di wilayah yang terkepung tanpa mendapatkan kebutuhan pokok seperti makanan dan air, belum lagi meja berpemanas untuk bayi baru lahir dan inkubator.

Kondisi yang memburuk dengan cepat telah menimbulkan ketakutan di hati para wanita hamil seperti Malak Shabat, 21 tahun, yang mencari perlindungan di kota Rafah di Gaza selatan setelah beberapa kali berpindah untuk menghindari serangan udara Israel.

“Saya sangat takut melahirkan,” kata Shabat, yang tanggal kelahirannya semakin dekat.

Tidak Ada dokter, tidak ada tempat tidur'



Perang di Gaza dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan yang mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil.

Kampanye militer balasan Israel yang dimaksudkan untuk menghancurkan Hamas telah menewaskan sedikitnya 30.631 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak.

Sistem kesehatan telah hancur, dan PBB melaporkan pada bulan lalu bahwa tidak ada lagi rumah sakit yang berfungsi penuh, dan hanya 12 dari 36 rumah sakit yang berfungsi pada kapasitas tertentu.

Pembatasan yang dituduhkan PBB pada militer Israel menyebabkan sebagian besar konvoi bantuan dihentikan.

Dana Kependudukan PBB (UNFPA) mengatakan mereka memiliki 62 palet bahan untuk membantu persalinan yang diblokir di luar Rafah di perbatasan dengan Mesir.

Hanya ada lima ruangan yang didedikasikan untuk persalinan di rumah sakit bersalin Emirat di Rafah, sebuah kota di mana hampir 1,5 juta warga Palestina mengungsi.

Di antara mereka adalah Samah al-Helou, yang tiba di Rafah pada bulan terakhir kehamilannya namun kesulitan mendapatkan perawatan yang dibutuhkannya.

“Mereka bilang saya perlu operasi kecil saat melahirkan. Tertunda dua minggu karena tidak ada dokter, tidak ada tempat tidur, dan tidak ada ruang operasi,” ujarnya.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)