Surat Al-Qur'an yang Harus Dihafal Sebelum Meninggal

loading...
Surat Al-Quran yang Harus Dihafal Sebelum Meninggal
Sebagai muslim minimal dapat menghapal 3 surat Al-Quran sebelum meninggal, mengingat kematian adalah hal yang pasti terjadi. Foto ilustrasi/ist
Benarkah ada surat Al-Qur'an yang harus dihapal sebelum meninggal? Bagaimana dalilnya dan apa saja suratnya? Dalam Islam, semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian . Namun, tidak ada seorang pun yang tahu kapan tiba ajal itu menjemput. Hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang mengetahuinya.

Sebagai sesuatu yang pasti akan terjadi, maka sebagai muslim kita tidak boleh mengabaikan tentang kematian ini. Selagi masih ada waktu perbaikilah diri kita masing-masing sebagai bekal di akhirat kelak. Maka, bertaubatlah kepada Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Baca juga: Membaca Al-Qur'an tanpa Tahu Artinya, Apakah Tetap Dapat Pahala?

Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
فَمَنْ تَا بَ مِنْۢ بَعْدِ ظُلْمِهٖ وَاَ صْلَحَ فَاِ نَّ اللّٰهَ يَتُوْبُ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

fa mang taaba mim ba’di zhulmihii wa ashlaha fa innalloha yatuubu ‘alaiih, innalloha ghofuurur rohiim

Artinya: “Tetapi barang siapa bertobat setelah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 39)

Seperti diketahui, Al-Qur’an merupakan pedoman atau petunjuk bagi umat Islam yang di didalamnya terdapat aturan-aturan atau pedoman hidup sebagai muslim. Dirangkum dari berbagai sumber, di antara banyak surat Al-Qur'an ini, beberapa surat memiliki banyak keutamaannya tentang persiapan kematian, di antaranya:

1. Surat Al Mulk

Al-Mulk (Kerajaan), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-67 berjumlah 30 ayat, Juz 29 dan diturunkan di kota suci Mekkah.
Cukup 30 ayat saja yang dihafalkan, jika lebih maka akan lebih baik pula.

Dalam Hadis Riwayat Tirmidzi No. 2891 dijelaskan “Ada suatu surat dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu surah Al-Mulk.

2. Surat Al Kahfi

Al-Kahfi (Gua), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-18 berjumlah 110 ayat, Juz 15 (Ayat 1-74) dan Juz 16 (Ayat 75-110), diturunkan di kota suci Mekkah. Anda bisa mencoba menghafalkan 10 ayat awal atau terakhir.

“Barangsiapa menghafal 10 ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” (HR. Muslim N0.809).

3. 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah

Al-Baqarah (Sapi Betina), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-2 berjumlah 286 ayat, Juz 1 (Ayat 1-141), Juz 2 (Ayat 142-252), dan Juz 3 (ayat 253-286), diturunkan di kota suci Madinah. Anda bisa mengingat 2 ayat terakhir saja dari surah ini. Dalam Hadis Riwayat Bukhari No.5009, mengatakan:

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, niscaya ia akan diberi kecukupan.”

Melihat keutamaannya sebagai muslim kita bisa mengamalkan hafalan tersebut. Setidaknya minimal 3 surah di atas sebagai persiapan kematian.Sebenarnya Anda juga dapat melakukan amalan baik lainnya seperti menghafalkan Al-Qur’an, bersedekah, dan sebagainya. Juga memperbaiki diri dengan rajin beribadah dengan melaksanakan kewajiban dari-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Baca juga: Doa agar Haid Cepat Keluar Berdasarkan Dalil Al-Qur'an dan Hadis

Wallahu A'lam
(wid)
preload video