Fadhilah Membaca Sholawat Shallallahu 'Ala Muhammad

loading...
Fadhilah Membaca Sholawat Shallallahu Ala Muhammad
Orang yang membaca sholawat dengan menghadirkan hati dan memahami maknanya akan mendapat 10 rahmat dari Allah Taala. Foto/dok kuyou.id
Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS Al-Ahzab: 56)

Untuk diketahui, Sholawat dari Allah adalah rahmat dan pujian baginya. Sholawat Malaikat adalah doa dan pujian baginya. Sedangkan sholawat orang-orang beriman kepada Rasulullah adalah pujian dan doa agar Allah meninggikan derajatnya dan menambah kemuliaannya.

Imam Asy-Sya'rony berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda:

‎من قال هذه الصلاة فقد فتح على نفسه سبعين بابا من الرحمة وألقى الله محبته في قلوب الناس فلا يبغضه إلا من في قلبه نفاق

"Barang siapa mengucapkan sholawat ini (shallallahu 'alaa Muhammad) maka sugguh telah membuka 70 rahmat untuk dirinya dan Allah menjadikanya dicinta dalam hati manusia hingga tidak ada yang membencinya kecuali hanya orang yang dihatinya terdapat kemunafikan"

Syekh Ali Al-Khowas berkata: "Hadis ini dan hadis sebelumnya kami riwayatkan dari sebagian 'Arifin dari Nabi Khidir dari Rasulullah SAW. Kedua hadis itu bagi kami tergolong sahih dengan derajat kesahihan tertinggi walupun tidak ditetapkan oleh para ulama ahli hadis sesuai dengan istilah mereka.

Yang dimaksud hadis sebelumnya adalah sabda Nabi berikut:

‎ أقرب ما يكون أحدكم مني إذا ذكرني وصلى علي

"Keadaan terdekat seseorang kepadaku adalah saat ia mengingatku dan bersholawat kepadaku."

Riwayat di atas sesuai dengan perkataan Imam Assamarqandi: "Aku mendengar Nabi Khidhir dan Nabi Ilyas berkata: Kami mendengar Rasulullah bersabda:
halaman ke-1
cover top ayah
وَلَـقَدۡ زَيَّـنَّا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ وَجَعَلۡنٰهَا رُجُوۡمًا لِّلشَّيٰطِيۡنِ‌ وَاَعۡتَدۡنَا لَهُمۡ عَذَابَ السَّعِيۡرِ
Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.

(QS. Al-Mulk:5)
cover bottom ayah
preload video