Benarkah Keluarga Kerajaan Arab Saudi Keturunan Yahudi?

Senin, 17 Januari 2022 - 12:25 WIB
loading...
A A A


Abdul Aziz bin Abdurrahman al-Saud yang akhirnya membuka kemenangan. Ia membangun Kerajaan Saudi kembali di awal abad kedua puluh. Wilayah kekuasaannya inilah yang kini kita kenal dengan Saudi Arabia.

Prof Dr Hamka dalam bukunya berjudul "Fakta dan Khayal Tuangku Rao" menulis setelah duduk menjadi Imam Besar Kerajaan yang didirikannya sendiri dengan pedangnya dan buah kurma --lambang negerinya sekarang-- 50 tahun lamanya Abdul Aziz “Thawil ul-umur” (Si Panjang Umur) pun mangkat tahun 1953.

Kini, Raja Arab Saudi dipimpin Raja Salman bin Abdul-Aziz Al Saud. Raja Arab Saudi adalah kepala negara dan monarki absolut (kepala pemerintahan) Arab Saudi. Ia menjabat sebagai pimpinan monarki Saudi — Wangsa Saud.

Raja memiliki gelar Pelayan Dua Kota Suci. Gelar yang menandakan kekuasaan Arab Saudi atas Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah menggantikan gelar Yang Mulia pada tahun 1986.

Raja-raja Arab Saudi tidak dipilih berdasarkan keturunan, melainkan berdasarkan kemampuan mereka. Pengganti Raja Abdullah, misalnya, bukanlah anaknya, melainkan saudara Raja Abdullah, Salman.

Meskipun begitu, hingga kini semua Raja setelah Abdul Aziz masih berasal dari lingkungan keluarga; semua Raja adalah putra-putranya.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)