Tahukah Anda? Orang yang Pertama Kali Memasang Kiswah Kakbah Ternyata Penyembah Berhala

Rabu, 19 Januari 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Kedua Rahib Yahudi berkata, "Sesungguhnya Kakbah adalah rumah ayah kita Ibrahim, dan ia seperti yang telah kami jelaskan kepadamu. Namun penduduknya memisahkan kami darinya dengan cara mereka memasang berhala-berhala di dalamnya, dan dengan darah yang mereka tumpahkan di sampingnya. Mereka orang-orang kotor dan orang-orang syirik."

Tubba' memahami nasihat kedua rahib tersebut dan kejujuran nasihat keduanya. Kemudian ia mendekat kepada sekelompok orang dari orang-orang Hudzail lalu ia memotong tangan dan kaki mereka.

Setelah itu, ia meneruskan perjalanannya hingga tiba di Mekkah. Tiba di Mekkah, ia thawaf di sekeliling Kakbah, menyembelih hewan qurban di sebelahnya, mencukur rambutnya, dan berada di sana selama enam hari.

Menurut banyak orang, Raja Tubba' menyembelih hewan qurban kemudian membagi-bagikannya kepada orang-orang, ia memberi makan penduduk Mekkah, dan memberi mereka minum madu.



Suatu hari, Raja Tubba' bermimpi dalam tidurnya mendapat perintah untuk menutup Kakbah. Kemudian ia menutupinya dengan kain kasar. la bermimpi lagi agar ia menutupi Kakbah dengan kain yang lebih bagus, kemudian ia menutupinya dengan kain ma'afir (jenis kain Yaman).

Ia bermimpi lagi agar ia menutupinya dengan kain yang lebih bagus, kemudian ia menutupinya dengan kain mahal ketika itu yaitu kain Al-Mala'a dan Al-Washail.

Menurut orang-orang ketika itu, Tubba' adalah orang yang pertama kali menutup Ka'bah dan mewasiatkannya kepada para gubernurnya dari orang-orang Jurhum. Ia perintahkan mereka membersihkan Kakbah; darah, bangkai, dan darah haid tidak boleh didekatkan kepadanya.

Setelah itu, Tubba' pulang ke Yaman bersama pasukannya dan dua rahib Yahudi. Tiba di Yaman, ia mengajak penduduk Yaman masuk kepada agamanya, namun mereka menolak ajakan Tubba'. Mereka menyerahkan persoalan Tubba' kepada api di Yaman.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2976 seconds (0.1#10.140)