33 Macam Sholat Sunnah yang Patut Diketahui, Nomor 4 Paling Afdhol

loading...
33 Macam Sholat Sunnah yang Patut Diketahui, Nomor 4 Paling Afdhol
Sholat merupakan ibadah badaniyah yang paling afdhal atau paling utama untuk kita kerjakan. Foto/dok SINDOnews
Keutamaan mengerjakan sholat sunnah selain menjadi sebab digugurkannya dosa-dosa, juga sebagai penyempurna kekurangan sholat Fardhu.

Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan tentang macam-macam sholat sunnah dalam bukunya "33 Macam Jenis Shalat Sunnah". Dari berbagai sumber referensi kitab fiqih, paling tidak jumlahnya ada sekitar 33 yang patut kita ketahui.

Dari 33 macam sholat sunnah ini ada yang hukumnya disepakati para ulama, ada juga yang tidak disepakati. Artinya, ada khilafiyah (perbedaan pendapat) di antara ulama dalam hal boleh atau tidak melaksanakannya. Di antara sholat paling utama (paling afdhol) dari sholat-sholat sunnah ini ialah sholat malam (Tahajud).

Berikut 33 Macam Sholat Sunnah:

1. Sholat Rawatib
Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan untuk mengiringi sholat fardhu 5 waktu. Istilah lain sholat Rawatib itu sebenarnya adalah shalat qabliyah dan bakdiyah. Jumlah seluruh sholat sunnah Rawatib yang mengiringi sholat fardhu ada 22 rakaat. Terbagi dua tingkatan yaitu sholat sunnah mu'akkadah (sangat dianjurkan) dan sholat sunnah ghairu mu'akkadah.

2. Sholat Sunnah Wudhu
Sholat sunnah wudhu adalah sholat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat setelah kita melakukan wudhu.

3. Sholat Tahiyyatul Masjid
Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat ketika kita memasuki masjid sebagai penghormatan terhadap masjid.

4. Sholat Sunnah Tahajjud
Sholat Tahajjud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Sholat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan tidak ada batasan jumlah rakaatnya menurut Mazhab Syafi'i.Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata:"Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Shplat yang paling afdhal setelah sholat fardhu adalah sholat sunnah malam". (HR Muslim)

5. Sholat Tarawih
Sholat tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Ulama 4 Mazhab sepakat jumlah rakaat sholat Tarawih adalah 20 rakaat, bukan 8 rakaat. Sebagian ulama Mazhab Maliki mengatakan 36 rakaat.

6. Sholat Witir
Sholat penutup ibadah malam yang waktunya antara sholat Isya’ sampai masuk waktu Shubuh. Jumlah rakaatnya 11 rakaat dan paling sedikit 1 rakaat (ganjil).

7. Sholat Dhuha
Sholat sunnah yang dikerjakan ketika matahari sudah terbit sempurna bulatannya sampai menjelang Azan Zuhur. Minimal 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

8. Sholat Isyroq (Syuruq)
Sholat Isyraq atau sholat syuruq adalah sholat sunnah 2 rakaat yang dilakukan pada pagi hari setelah matahari terbit.

9. Sholat Awwabin
Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan 6 rakaat antara Maghrib dan Isya. Sholat ini disebut juga sebagai sholatnya orang yang kembali atau bertaubat kepada Allah.

10. Sholat Tasbih
Yaitu sholat sunnah 4 rakaat yang di dalamnya terdapat bacaan tasbih sebanyak 300 kali.

11. Sholat Hajat
Sholat Hajat adalah shalat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat dalam rangka meminta kepada Allah agar semua hajat atau keinginan kita dikabulkan.

12. Sholat Taubat
Shalat Taubat adalah sholat sunnah yang dikerjakan 2 rakaat dalam rangka bertaubat kepada Allah agar semua dosa-dosanya diampuni oleh Allah.

13. Sholat Istikharah
Shalat istikharah adalah sholat sunnah yang dilakukan dalam rangka meminta petunjuk kepada Alah atas sebuah pilihan agar diberikan kebaikan atas pilihan tersebut. Minimal dikerjakan 2 rakaat kapan saja kecuali pada waktu terlarang.

14. Sholat Ied
Ied artinya adalah kembali atau berulang-ulang. Sholat Ied adalah sholat 2 rakaat yang dikerjakan setiap tahunnya paling tidak dua kali (Idul Fitri dan Idul Adha).

15. Sholat Istisqa'
Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan dalam rangka meminta kepada Allah agar diturunkannya hujan. Dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah.

16. Sholat Gerhana
Yaitu sholat sunnah yang dikerjakan saat terjadi gerhana baik gerhana matahari dan bulan. Shalat gerhana matahari biasa disebut dengan istilah shalat kusuf. Adapun sholat gerhana bulan disebut dengan sholat khusuf. Dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah dan ditutup dengan khutbah.
halaman ke-1
preload video