alexametrics

Apa Kabar Alumni Ramadhan? Ini Pesan Ustaz Oemar Mita

loading...
Apa Kabar Alumni Ramadhan? Ini Pesan Ustaz Oemar Mita
Ramadhan hakikatnya bukan nama bulan semata. Lakukanlah pola hidup seperti di bulan Ramadhan. Foto/Dok SINDOnews
Ramadhan 1441 Hijriyah merupakan Ramadhan paling beda dari sebelumnya karena kita melewatinya di tengah pandemi. Sebagian ulama menyebut Ramadhan sebagai bulan madrasah.

"Semua yang berpuasa di bulan Ramadhan akan menjadi alumni Ramadhan. Tetapi yang paling istimewa adalah orang-orang yang namanya tercatat di pintu Ar-Rayyan," kata Dai yang juga Founder Syameela Ustaz Oemar Mita dalam kajian online di kediamannya di Bekasi. (Baca Juga: Ramadhan Telah Pergi, Ini Tanda Diterima Atau Tidaknya Puasa Kita)

Allah Ta'ala tidak meminta kita untuk menjalankan Ramadhan yang banyak, tapi Allah meminta kita untuk menjalankan Ramadhan dengan berkualitas. Karena Allah melihat kualitas amal kita, bukan kuantitasnya. Tidak ada yang menjamin kalau kita setelah Ramadhan, amal kita langsung diterima. Apakah amal Ramadhan kita diterima Allah Ta'ala? Jawabannya belum tentu.

Dalilnya ada dalam Al-Qur'anul Karim:



وَقَدِمْنَا إِلَىٰ مَا عَمِلُوا مِنْ عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاءً مَنْثُورًا

"Dan Kami akan perlihatkan segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami akan jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan". (QS. Al-Furqan: 23)



Dalam Hadis Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

رُبَّ صَاىِٔمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ

"Berapa banyak orang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan dahaga saja". (HR. At-Thabrani)
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
وَلَوۡ يُعَجِّلُ اللّٰهُ لِلنَّاسِ الشَّرَّ اسۡتِعۡجَالَهُمۡ بِالۡخَيۡرِ لَـقُضِىَ اِلَيۡهِمۡ اَجَلُهُمۡ‌ؕ فَنَذَرُ الَّذِيۡنَ لَا يَرۡجُوۡنَ لِقَآءَنَا فِىۡ طُغۡيَانِهِمۡ يَعۡمَهُوۡنَ‏
Jika Allah menyegerakan keburukan bagi manusia seperti permintaan mereka untuk menyegerakan kebaikan, pasti diakhiri umur mereka. Namun Kami biarkan orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami, bergelimang dalam kesesatan.

(QS. Yunus:11)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak