Hari ini jemaat Nahsabandiyah di Jombang salat id

Senin, 20 Agustus 2012 - 11:56 WIB
Hari ini jemaat Nahsabandiyah di Jombang salat id
Hari ini jemaat Nahsabandiyah di Jombang salat id
A A A
Sindonews.com - Ribuan Jemaat Toriqot Nahsabandiyah Kholidiyah Mujadadiyah Al-aliyah di Jombang, Jawa Timur (Jatim) baru menjalankan salat hari raya Idul Fitri Senin pagi ini. Pimpinan toriqot memutuskan hari raya atau 1 syawal jatuh pada hari ini karena rukyat yang dilakukan pada sabtu sore lalu gagal melihat bulan.

Meski jutaan umat Islam lainnya telah merayakan lebaran Minggu 19 Agustus, ribuan Jamaat Toriqot Nahsabandiyah Mujaddadiyah Kholidiyah Al-aliyah di Desa Dukuh Klopo Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jatim baru menggelar salat Idul Fitri pada Senin (20/8/2012).

Nasuha Anwar, Pimpinan Toriqot mengakui ribuan jemaatnya memang baru merayakan Lebaran hari ini, karena rukyat yang di lakukan tim jemaatnya pada Sabtu sore 18 Agustus lalu gagal melihat bulan. Sehingga sesuai dengan ketentuan dalam Alquran dan hadist mereka harus menggenapkan puasanya menjadi 30 hari.

"Rukyah dilakukan di sejumlah tempat seperti di Megaluh, Jombang, Tanjungkodok, Lamongan serta Pantai Kenjeran Surabaya hingga Gresik," ujar Nasuha menjelaskan kepada wartawan usai salat id.

Terkait tudingan banyak pihak terkait rukyah yang dilakukan Tim Toriqot Nahsabandiyah Kholidiyah Mujadadiyah Al-aliyah tidak standar, Nasuha tak mau ambil pusing. Dia mengatakan, hal tersebut terserah pihak-pihak lain. Sebab menurutnya dasar puasa adalah rukyat dan bukan sekedar ikut-ikutan pada ormas Islam atau pemerintah.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4858 seconds (0.1#10.140)