Tsauban: Jangan Kabari Rasulullah

Jum'at, 12 Juni 2020 - 16:22 WIB
loading...
Tsauban: Jangan Kabari Rasulullah
Ustaz Miftah el-Banjari, Dai lulusan Kairo Mesir yang juga pakar ilmu Linguistik Arab. Foto/Ist
A A A
Ustaz Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Malam telah larut, angin berembus deras. Hamparan gurun pasir yang siang harinya bagaikan lautan bara api yang menyeruak lahar panas berubah bak hamparan salju yang membeku. Dingin menusuk tulang.

Di bawah cahaya rembulan yang kian meredup, dua bayangan manusia berjalan menuju sebuah rumah batu yang berdiri dibawah rongga bukit bebatuan cadas. Dua orang yang selalu berdua di kala susah dan senang. Dua orang termulia yang pernah diabadikan di dalam Al-Qur'an. ( )

Pria pertama yang lebih tua bernama Abu Quhafah. Ia lebih dikenal dengan sebutan Sayyidina Abu Bakar bin Shiddiq. Nama Shiddiq ia peroleh saat membenarkan peristiwa Isra Mi'raj di saat semua orang musyrikin Makkah mengingkarinya.

Sedangkan seorang lagi, tentulah manusia teragung di muka bumi ini. Siapa lagi, kalau bukan Sayyidil Musthafa Rasulullah SAW yang namanya dikenal oleh semua penduduk langit dan bumi. Makhluk yang paling dikasihi sang Maha Pencipta.

Dua orang mulia itu, berjalan di bawah bayang-bayang cahaya rembulan menuju sebuah rumah seorang anak remaja yang cintanya sungguh sangat bergelora pada Rasulullah .

Meski usianya sangat muda, namun soal cinta ia mengalahkan dahsyatnya cinta para sahabat lainnya. Namanya pun selalu mendapatkan tempat khusus di hati Nabi Muhammad SAW .

Siapa nama anak muda itu? Orang mengenalnya dengan nama Tsauban. Sudah beberapa hari belakangan, Tsauban tak menampakkan kehadirannya di hadapan Rasulullah SAW . Hingga, Rasul pun mencarinya.

"Dimana Tsauban?" Mengapa dia tak nampak?!"

Ternyata, tak ada seorang sahabat pun yang tahu keberadaan anak remaja yang begitu sangat bersemangat mengikuti pengajaran tentang keimanan dan keislaman yang langsung diajarkan oleh Rasulullah SAW .

Setelah dicari-cari informasi keberadaannya, diketahuilah bahwa anak muda itu sedang sakit demam yang sangat keras. Oleh karena itulah, di malam itu Rasulullah dan sahabatnya Abu Bakar bin Shidiq berniat menjenguk Tsauban di rumahnya.

Di sebuah rumah batu yang tidak terlalu besar dan sederhana itu, diterangi lampu minyak redup, seorang anak remaja bertubuh kurus ceking terbujur di atas kasur yang terbuat dari anyaman daun pelapah kurma.

Sesekali dia terbangun. Memicingkan matanya berpendar ke sekelilingnya. Kedua orang tuanya yang mengamati anak semata wayangnya tengah merasa khawatir akibat panas demam yang menerpa putranya.

Wajah Tsauban tampak pucat. Bibirnya pecah-pecah dan kering. Dahinya berkeringat dingin. Sesekali ia gemetaran sembari menyebut nama Rasulullah . Dapat dirasakan anak muda itu begitu sangat merindukan orang yang sedari tadi ia sebut-sebut.

Setiap kali dia terbangun, dia selalu bertanya, "Apakah Rasulullah sudah datang?" ( Baca Juga: Pujian Indah Sayyidina Abbas kepada Rasulullah SAW )

Orang tuanya menggelengkan kepala. Pertanda mereka tidak tahu kapan Rasulullah mendatangi putranya, sebab mereka paham pastilah Rasulullah sibuk dan memiliki urusan yang lebih penting ketimbang menjenguk putra mereka.

Namun, apa mau dikata, putranya begitu sangat merindukan kekasih hatinya itu. Nampak begitu besar kerinduan anak muda itu berjumpa dengan orang yang selalu memenuhi relung hatinya. Nama Muhammad selalu menghiasi bibir putra mereka.

Sebelum Tsauban kembali tertidur, ia berpesan sekiranya ada Rasulullah menjenguknya agar membangunkannya. Begitulah pesan singkatnya. Ayah dan ibunya hanya mengangguk-anggukkan kepala.

Dari luar terdengar, seseorang mengetuk pintu dan mengucapkan salam. "Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh!"

Bergegas penghuni rumah itu membukakan pintu. Rasulullah dan Abu Bakar memasuki rumah Tsauban. Keduanya disambut bahagia oleh kedua orang tua remaja pencinta Rasul itu.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2944 seconds (0.1#10.140)