Hukum Menikahi Janda, Bisa Lebih Mulia tapi Bukan yang Paling Utama

Selasa, 08 Februari 2022 - 09:30 WIB
loading...
Hukum Menikahi Janda, Bisa Lebih Mulia tapi Bukan yang Paling Utama
Hukum menikahi janda dalam Islam, tidak dilarang alias boleh. Hanya saja yang lebih utama menikahi gadis ketimbang janda. (Foto/Ilustrasi : Ist)
A A A
Hukum menikahi janda dalam Islam tidaklah dilarang alias boleh. Hanya saja yang paling utama menurut hadits adalah menikahi gadis ketimbang janda. Menikah dengan janda bisa mulia bila tujuannya ingin membantu kehidupan si janda dan merawat anak-anak yatimnya. Kendati demikian, sekali lagi, yang paling utama adalah menikahi gadis perawan ketimbang janda.

"Hendaklah kalian menikah dengan perawan, karena mereka lebih segar mulutnya, lebih banyak anaknya, dan lebih ridha dengan yang sedikit." (HR Ibnu Majah)

Hadits Nabi SAW tersebut bukan berarti menikahi gadis sebagai sebuah kewajiban dalam agama. Anjuran ini juga berlaku untuk perempuan. Mereka juga bisa mengutamakan lamaran dari pria perjaka ketimbang duda.



Dalam buku "Serial Hadist Nikah 1: Anjuran Menikah dan Mencari Pasangan" karya Ustadz Firman Arifandi juga menutip hadist serupa dalam riwayat Ahmad. "Dari Anas bin Malik radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda: Nikahilah wanita yang pengasih dan subur, karena aku berlomba dengan umat lain dengan jumlah kalian." (HR Ahmad)

Kendati demikian, tidak ada larangan dalam Islam jika seseorang telah menambatkan hatinya kepada orang yang sudah duda ataupun janda. Hadits yang menyarankan memilih selain keduanya itu hanyalah bersifat afdhaliyah atau yang lebih utama.

Sebagaimana ketika Jabir bin Abdillah memberitahu Rasulullah SAW bahwa dirinya akan segera menikah dengan seorang janda. Maka Rasulullah SAW sempat mempertanyakannya.

"Kenapa kamu tidak menikahi perawan saja sehingga kamu bisa bermain-main dengannya dan dia bisa bermain-main denganmu?" (HR Bukhari dan Muslim)



Lebih lengkap lagi hadits dari Jabir itu berbunyi:

Aku pernah menikahi seorang wanita di masa Rasulullah SAW. Lalu aku bertemu dengan Nabi SAW, beliau pun bertanya, “Wahai Jabir, apakah engkau sudah menikah?”

Ia menjawab, “Iya sudah.”

“Yang kau nikahi gadis ataukah janda?” tanya Rasul SAW.

Aku pun menjawab, “Janda.”

Rasul mengatakan, “Kenapa engkau tidak menikahi gadis saja, bukankah engkau bisa bersenang-senang dengannya?”

Aku pun menjawab, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki beberapa saudara perempuan. Aku khawatir jika menikahi perawan malah nanti ia sibuk bermain dengan saudara-saudara perempuanku."

Rasulullah SAW bersabda, “Itu berarti alasanmu. Ingatlah, wanita itu dinikahi karena seseorang memandang agama, harta, dan kecantikannya. Pilihlah yang baik agamanya, engkau pasti menuai keberuntungan.” (HR. Muslim no. 715)



Pahala Menafkahi Janda
Di sisi lain, Nabi Muhammad SAW sendiri pernah memberikan contoh menikahi perempuan yang berstatus janda dan perempuan yang berstatus gadis.

Rasulullah SAW juga menyebut ada keutamaan khusus bagi orang yang menafkahi janda. Dari Abu Hurairah Ra, Nabi SAW bersabda,
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)