Mandi Sebelum Subuh, Pahala dan Manfaat untuk Kesehatan

Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
loading...
Mandi Sebelum Subuh, Pahala dan Manfaat untuk Kesehatan
Mandi sebelum Subuh memiliki manfaat untuk kesehatan dan pahala besar bagi yang merangkainya dengan Qiyamullail. Foto/dok IG @tulusberhijrah
A A A
Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.

Para ulama terdahulu biasanya mandi di waktu sahur sebelum Subuh kemudian melakukan ibadah Qiyamullail. Biasanya mereka bangun pada pukul 02.00 pagi atau paling lama pukul 04.00 pagi sebelum masuk Subuh. Bagi sebagian orang mungkin ini sangat berat apalagi waktu tersebut sangat dingin dan paling enak dibawa tidur.



Jika kita merujuk kaidah Ushul Fiqih yang berbunyi: "Bahwa besarnya pahala sesuai kadar kesusahan", maka mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala yang besar. Ini sejalan dengan Hadis Nabi yang diriwayatkan Imam Muslim dari Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa Rasulullah bersabda:

قال رسول الله : اجرك على قدر نصبك

"Besarnya pahalamu tergantung pada usahamu."

Dalam redaksi lain, Nabi Muhammad sallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya:

أي الأعمال أفضل؟ قال: «أَحْمزها»

"Amalan apakah yang paling utama, Beliau menjawab: 'yang paling susah dan payah'.

Mengutip kanal IG @jurussehatrasul.id disebutkan mandi sebelum subuh (di sepertiga akhir malam) sebelum memulai Qiyamullail, jika ditinjau dari kesehatan ternyata memiliki manfaat sangat besar.

Mandi pada waktu tersebut memiliki pengaruh besar untuk memulai aktivitas. Rasa kantuk akan hilang, tubuh terasa semakin segar dan bersemangat memulai aktivitas. Bagi yang biasa menjalankannya maka akan berpengaruh kepada kesuksesan hidup.

Untuk diketahui bahwa orang paling sehat adalah Rasul dan para sahabat dan generasi berikutnya. Hidup mereka sangat produktif. Mandi sebelum Subuh sangat dianjurkan karena mengandung ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan menjadi lebih segar dan lebih awet muda.

Gas O3 mempunyai pengaruh positif pada urat saraf, mengaktifkan kerja otak dan tulang. Ketika seseorang menghirup udara fajar yang dinamakan udara pagi, ia merasakan kenikmatan dan kesegaran tiada taranya dibanding waktu siang atau malam.

Manfaat Mandi Sebelum Subuh
Di antara manfaat mandi sebelum Subuh sangat bepengaruh pada kesehatan dan kebugaran tubuh. Jika istiqamah melakukannya maka akan mendapatkan banyak faedah (manfaat), di antaranya:
1. Tidak terkena penyakit 'Ain (sakit, demam, pilek dan lain sebagainya).
2. Tidak akan terkena sihir, guna-guna, santet baik dari Jin maupun ulah manusia. 3. Badannya akan sehat selalu.
4. Wajahnya bercahaya.
5. Doanya mudah dikabulkan Allah.
6. Sukar didoakan jahat oleh orang lain (seperti di sumpahi, maka akan berbalik kepada yang menyumpahinya).
7. Membuat lebih awet muda.
8. Menyehatkan mata, tidak mudah rabun.

Allahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2675 seconds (0.1#10.140)